Sport

Penampilan Bek Timnas Indonesia Bikin Lini Pertahanan Persebaya Menjanjikan

Mainmain.id

Posted on June 5th 2021

TIMNAS Indonesia mendapatkan poin pertama di laga kualifikasi Piala Dunia. Tim Garuda berhasil menahan Thailand dengan skor 2-2. Dua pemain bertahan Persebaya ikut membantu mengamankan satu poin pada laga yang digelar Jumat dini hari (4/6).

Rizky Ridho dan Arif Satria dipercaya sebagai starter saat timnas Indonesia menghadapi Thailand. Dua bek Bajol Ijo itu diberi kesempatan selama 90 menit oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjaga pertahanan.

Meski kebobolan dua gol, permainan rapi kedua palang pintu Persebaya itu patut diapresiasi. Sebab, mereka bermain di bawah tekanan tim Thailand. Rizky dan Arif berjibaku menjauhkan bola dari gawang yang dikawal Nadeo Chandrawinata.

Arif sendiri mencatatkan enam kali intersep pada laga yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, tersebut. Pemain asal Lubuklinggau itu juga menjadi pemain Indonesia yang paling banyak memenangkan duel udara. Juga, torehan 26 umpan suksesnya tercatat sebagai yang terbanyak.

Pelatih Persebaya pun ikut mengapresiasi penampilan anak asuhnya di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia. Meski sempat memprediksi anak asuhnya akan tampil gemilang, ia sempat kaget saat Shin Tae-yong memilih duet Rizky dan Arif di jantung pertahanan.

"Untuk dapat tempat itu bukan hal mudah. Apalagi, di situ ada Ryuji, ada pemain-pemain berkualitas lainnya. Kepercayaan Shin Tae-yong jelas dibayar baik oleh mereka (Rizky dan Arif),” ungkap Aji.

Pelatih yang pernah menukangi timnas Indonesia tersebut juga memuji mental duo bek Persebaya. Sebagai debutan timnas senior, dua pemain itu mampu tampil tanpa rasa gugup. Terutama Rizky Ridho yang masih berusia 20 tahun. Atmosfer pertandingan internasional jelas berbeda dari laga biasa.

"Apalagi, ini pertandingan krusial. Tidak menentukan, tapi banyak harapan di sana, banyak ekspektasi. Salut dengan mental mereka," imbuhnya.

Aji mengatakan, jika mereka bisa terus meningkatkan performanya, dirinya yakin pertahanan Persebaya punya jaminan masa depan.

Satu bek tengah Persebaya juga mendapatkan kesempatan turun saat melawan Thailand. Rachmat Irianto masuk pada menit ke-85, menggantikan I Kadek Agung. Bedanya, Rian, sapaan akrabnya, dipasang sebagai gelandang bertahan.

Namun, meski memiliki barisan pertahanan berlabel timnas, Aji tetap akan memperkuat skuadnya dengan mendatangkan pemain asing di sektor tersebut. Sebagai langkah antisipasi apabila pemain andalannya cedera atau mengikuti program pemusatan latihan timnas jangka panjang. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Curhat Pemain Persebaya Arif Satria Ketika Tak Dibawa ke TC Timnas di Dubai

Sport
Aji Santoso Yakin Semua Anak Asuhnya Tembus Skuad Utama Timnas

Sport
Ketika Pemain Persebaya Arif Satria Susah Payah Habiskan Semangkuk Salad