Sport

Perpanjang Kontrak Dua Tahun, Thomas Tuchel Bertahan di Chelsea hingga 2024

Mainmain.id

Posted on June 5th 2021

CHELSEA memberikan hadiah terbaik untuk Thomas Tuchel yang baru saja membawa mereka juara Liga Champions musim 2020/2021. Manajer asal Jerman tersebut diganjar perpanjangan kontrak dua tahun. Membuatnya tetap di Stamford Bridge hingga 2024. Mantan nakhoda Borussia Dortmund tersebut diharapkan membawa tim itu meraih lebih banyak gelar di kemudian hari.

Tuchel masuk ke Chelsea di pertengahan musim lalu. Tak lama setelah dipecat dari Paris Saint-Germain (PSG), ia ditunjuk menggantikan Frank Lampard. Kehadiran Tuchel memberikan dampak besar untuk tim berjuluk The Blues tersebut. Ia mengantarkan Chelsea finis keempat di akhir musim. Tak cuma itu. Chelsea juga dibawa ke final Piala FA. Sayang, mereka gagal juara karena dikalahkan Leicester City melalui gol tunggal Youri Tielemans.

Kegagalan itu ditebus dengan sempurna di final Liga Champions saat menghadapi Manchester City di Porto, Portugal. Chelsea menang tipis 1-0 lewat gol semata wayang Kai Havertz pada menit ke-42. Kemenangan itu berbuah gelar Liga Champions kedua untuk The Blues dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Sebelumnya, mereka menjuarai ajang ini pada musim 2011/2012.

Prestasi itulah yang menjadikan manajemen Chelsea sangat puas dengan kinerja Tuchel. Mereka memberikan kontrak baru hingga 2024. "Saya tidak bisa membayangkan kesempatan yang lebih baik untuk pembaruan kontrak. Saya bersyukur atas pengalaman itu dan sangat senang tetap menjadi bagian dari keluarga Chelsea," kata Tuchel.

Rekor Tuchel di Chelsea memang mengesankan. Dari 30 pertandingan di bawah kendalinya, Chelsea meraih 19 kemenangan dan hanya mengalami 5 kekalahan. Selain itu, mereka cuma kebobolan 16 gol. Tuchel disanjung sundul langit karena membangun kesuksesan tim di akhir musim dengan pertahanan yang luar biasa. Sanjungan itu tak membuatnya terlena.

"Masih banyak yang akan datang dan kami menantikan langkah kami selanjutnya dengan ambisi dan banyak antisipasi," imbuh pelatih 47 tahun tersebut.

Sementara itu, Direktur Chelsea Marina Granovskaia menyanjung adaptasi Tuchel yang instan dan cepat. Meski masuk pada Januari dengan banyak pertandingan yang harus dimainkan, baik di dalam negeri maupun Eropa, ia mampu menjadi bagian integral dari keluarga Chelsea. 

"Mengembalikan kami ke empat besar di Liga Inggris sangat penting. Kami tidak bisa lebih bahagia dengan kesuksesan kami di Liga Champions yang memahkotai musim yang luar biasa di Chelsea. Oleh karena itu, kami jelas sangat senang mempertahankan Thomas untuk dua tahun lagi, dan menantikan lebih banyak prestasi di musim-musim mendatang," terang tangan kanan Roman Abramovich, bos Chelsea, itu. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Serba-Permisif setelah Taklukkan Eropa

Sport
Pep Guardiola Tak Sabar Segera Kalahkan Chelsea

Sport
Pep Guardiola Pusing Cari Formasi Lawan Thomas Tuchel