Sport

Pelatih Persekat Tegal I Putu Gede Yakin Persebaya Kuat di Liga 1

Mainmain.id

Posted on June 4th 2021

PERSEBAYA telah merampungkan uji coba pertama setelah libur Idulfitri. Bajol Ijo menumbangkan Persekat Tegal dengan skor meyakinkan 3-0. Dijungkalkan Persebaya di laga ekshibisi membuat pelatih Laskar Ki Gede Sebayu –julukan Persekat Tegal– mengagumi kekuatan lawannya.

I Putu Gede yang menjabat pelatih Persekat tidak segan memuji performa anak asuh Aji Santoso. Menurutnya, Persebaya tetap bisa bermain seperti karakternya. Padahal, pada pertandingan yang dilangsungkan Kamis sore (3/6) tersebut, Aji hanya menurunkan full skuad lokal.

Bahkan, saat Persebaya kehilangan banyak kekuatan di lini belakang, kualitasnya tidak menurun. Seperti yang kita tahu, lima pemain andalan klub kebanggaan arek-arek Suroboyo sedang mendapatkan tugas negara untuk membela tim Garuda.

"Kita belajar banyak dari Persebaya sore ini. Dengan pemain lokal gabungan pemain muda dan berpengalaman, mereka tetap berbahaya. Tetap Persebaya yang saya kenal sejak saya main dulu," ungkap mantan pemain Arema tersebut.

Namun, sebagai lawan, Putu Gede juga menemukan beberapa celah di tubuh tim Persebaya. Salah satunya adalah kondisi fisik. Sebab, karakter bermain cepat dan keras yang ditampilkan Rendi Irwan dkk menguras banyak tenaga. Jika tidak didukung dengan fisik pemain yang prima, bisa jadi Persebaya akan kehabisan bensin di tengah jalan.

Belum lagi mayoritas pemain muda yang masih awam dengan atmosfer Liga 1. Dibutuhkan figur pemimpin di lapangan yang bisa mengangkat mental pemain muda agar tidak meledak-ledak.

"Pemain muda Persebaya itu bagai dua mata pisau. Bagus karena mereka tenaga baru, tapi tanpa kepemimpinan di lapangan, permainan akan sulit berkembang. Mereka juga bisa cepat kelelahan kalau cuma bermain dengan power. Sepak bola itu olahraga otak, bukan hanya otot," beber Putu Gede.

Jika mampu mengatasi semua itu, mantan pelatih PSG (Putra Sinar Giri) tersebut yakin Persebaya akan bisa berprestasi di musim 2021. Sebab, menurut pengalamannya sebagai pemain, perpaduan pemain muda dan pemain berpengalaman ditambah dengan pemain asing yang berkualitas mampu membawa trofi untuk tim. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Persebaya Masih Butuh Lima Uji Coba Lagi

Sport
Persebaya Makin Pede Menatap Empat Besar

Sport
Persebaya Pantau Perkembangan Fisik Lewat Uji Coba Lawan Persekat Tegal