Tech

Ini Cara Menampilkan Spotify Only You, Ringkasan Kebiasaan Unik Pas Dengar Musik

Spotify Wrapped versi setengah tahun.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 3rd 2021

(Gambar: Spotify)

Nggak teras akita sudah sampai di pertengahan tahun 2021 nih. Buat flash back ke musik kita ke bulan-bulan sebelumnya, Spotify merilis halaman Only You sebagai ringkasan apa aja yang sudah kita dengar. Mirip Spotify Wrapped yang ada di akhir tahun.

Untuk mendapatkan ringkasan ini caranya gampang kok. Akun Spotify kita juga gak perlu premium. Tinggal buka aplikasi Spotify lalu masuk ke halaman Search. Bakal muncul banner Only You di atas pilihan-pilihan genre yang ada. Tinggal klik aja deh banner-nya.

Banner Spotify Only You

Setelah itu, kita bakal ditampilkan sekumpulan story fakta-fakta musik yang kita dengar selama ini. Mulai dari My Unique Artist Pair yang menampilkan artis beda genre yang kita dengar berurutan. Ada juga halaman My Listening Through Time yang menunjukkan karya tertua dan terbaru yang kita dengar.

Spotify Only You

Ada juga My Unique Combination yang menampilkan genre berbeda yang sering kita dengar. Yang paling menarik, ada My Unique Moment yang membongkar kebiasaan unik kita di waktu tertentu. Misal mendengarkan Mr. Perfectly Fine on repeat di pagi hari. Pokoknya semua fakta unik tentang kebiasaan mendengar kita deh.

Setelah itu kita akan diberi beberapa pilihan artis untuk kita undang ke makan malam bareng. Pilihan artis ini diatur berdasarkan lag-lagu yang sering kita dengar. Kita dikasih sembilan artis lalu memilih tiga di antaranya, nanti Spotify bakal membuat playlist yang melingkupi tiga artis yang kita undang itu. Unik kan~

Pastikan buat coba fitur ini di aplikasi, soalnya kalau di web gak tersedia. Kita cuma bisa menemukan sekumpulan playlist Only Youplaylist dari artis-artis yang sering kita dengar. Nggak ada ringkasan fakta menariknya gitu.

Playlist Only You di web

Dilansir dari Engadget, ada sebuah fitur pendukung bernama Blend untuk para penguji coba beta. Seusai namanya, kita bisa mencampurkan selera musik kita dengan pengguna tertentu dan menghasilkan playlist unik dari pencampuran genre yang berbeda itu. Karena masih uji coba, belum semua pengguna bisa mencoba fitur ini ya.

Nah, kamu sudah coba lihat hasil Spotify Only You ini belum? Yuk, coba dan pamer hasilnya~

 

Artikel Terkait
Tech
Spotify Eksperimen Dengan Fitur Video User Generated, Coba Tiru TikTok?

Tech
Lagi-Lagi Fitur Ini, Spotify Uji Coba Fitur Mirip Story Buat Beberapa Artis Hits

Tech
Spotify Bakal Bikin Audio Jauh Lebih Berkualitas di Layanan Spotify HiFi