Korea

Lagu aespa 'Next Level' Bakal Jadi Lagu yang Dilarang Selama CSAT

Delima Pangaribuan

Posted on June 3rd 2021

(AllKpop)

Kpopers Mainmain, pernah dengar ada lagu yang di-banned alias nggak boleh diputar di waktu tertentu? Yup, ini udah jadi trivia umum yang hampir semua Kpopers paham, kalau ada beberapa lagu yang nggak boleh diputar atau disiarkan selama periode ujian.
 
Salah satu yang paling terkenal adalah lagu Ring Ding Dong milik SHINee. Lagu ini udah di-banned selama periode CSAT (ujian nasional masuk universitas di Korea Selatan, semacam SNMPTN) sejak 12 tahun lalu. Nggak dilarang secara resmi ya, tapi ada semacam kesepakatan masyarakat di sana. Sebab, lagu ini begitu repetitif dan adiktif sehingga dikhawatirkan bisa menganggu proses belajar para siswa.
 
Nah, era ini kayaknya bakal ada lagu lain yang menyusul reputasi Ring Ding Dong. Melansir AllKpop, warganet berpendapat kalau lagu Next Level dari aespa juga akan menjadi lagu "terlarang" lainnya. Bahkan hal ini disampaikan juga sama kritikus musik setempat.
 

"Tekanan darah akan terasa semakin terpacu seiring dengan rasa semangat begitu mendengar Karina menyanyi "I'm on the next level" dan beat yang mengentak akan menempel di telinga pendengar, melodinya akan terus terulang di kepala mereka," begitu penjelasan kritikus musik seperti dikutip AllKpop dari forum Naver.
 
Meskipun menggunakan beat yang terasa monoton, namun komposisi lagu ini sendiri terbilang bervariatif. Apalagi ada bagian di mana lagu berubah ketukan di tengah-tengah, atau yang ditandai dengan lirik "beat drop". Belum lagi kemampuan vokal yang kuat dari para member, bikin lagu ini semakin punya banyak alasan untuk jadi lagu yang "adiktif".
 
Next Level sendiri adalah remake dari OST film Fast and Furious Presents: Hobbs & Shaw. Komposernya menggabungkan berbagai genre yang sebelumnya pernah menjadi eksperimen SM Entertainment. Jadi kalau kita dengarkan, memang kesannya lagu itu "SM banget" dan bisa dibedakan dengan lagu-lagu Kpop dari agensi lain.
 

Nggak heran kalau kemudian lagu ini nggak bakal banyak didengarkan di tempat umum Korea Selatan dalam persiapan CSAT mendatang. Gimana menurut sobat Kpopers Mainmain, setuju kan kalau Next Level ini nagih banget? (*)
 
Related Articles
Korea
Warganet Anggap Avatar Member aespa Kurang Seimbang

Korea
Halo, MY! aespa Umumkan Nama Fandom Mereka

Korea
Fans Rayakan Setahun SuperM dengan Ucapan Mengharukan