Current Issues

Belum Satu Bulan Diluncurkan, Blog Donald Trump Ditutup

Jingga Irawan

Posted on June 3rd 2021

Saul Loeb/Getty Images

Blog tempat mantan Presiden Donald Trump berbagi opini tampaknya tak menarik pengikut yang signifikan. Dilansir dari CNBC, Kamis, (3/6) Blog bertajuk From the Desk of Donald J. Trump telah ditutup secara permanen setelah diluncurkan kurang dari sebulan. Ini dibenarkan juga oleh juru bicaranya, Jason Miller.

Jika kalian mencoba mengunjungi halaman tersebut, kalian akan dialihkan menuju Sign Up for Alerts from Donald J. Trump. Halaman pendaftaran bagi mereka yang ingin mendapat updates ekslusif dari Trump. Sementara, From the Desk of Donald J. Trump telah hilang sepenuhnya dari web tersebut.

"Itu hanya sebagian kecil dari sesuatu yang lebih besar, yang sedang kami kerjakan,” kata Miller melalui email kepada CNBC. Ia berharap bisa segera menjelaskan apa yang dimaksud dengan hal yang lebih besar, namun ia tak menyebut kapan persisnya. 

Akan tetapi, ketika ditanya secara online oleh seorang jurnalis, Rabu, (2/6) apakah langkah itu hanya merupakan awalan bagi Trump untuk bergabung dengan platform media sosial lain, Miller menjawab: "Ya, Benar. Tunggu saja!”

Sebagaimana diketahui, Facebook dan Twitter memblokir akun Trump. Kebijakan itu dilakukan setelah konten Trump dianggap sebagai pemicu kericuhan pada 6 Januari lalu, di gedung Capitol AS oleh para pendukungnya. Trump berulang kali mengklaim di media sosial bahwa pemilu tersebut dicurangi dan kemenangan sebenarnya adalah miliknya.

Presiden ke-45 Amerika Serikat beserta kawan-kawannya itu telah lama menuduh raksasa media sosial sengaja menyebarluaskan bias politik dan cenderung menyensor pemikiran kaum konservatif. Nah, untuk melawan dua media sosial tersebut, Trump merilis blog.

Namun blog yang disebut sebagai platform komunikasi baru tersebut tampaknya tidak lengkap dan tak siap untuk menghadapi raksasa media sosial. Saat itu, Miller mengklarifikasi di Twitter bahwa halaman "Desk" adalah sumber daya yang bagus untuk merilis pernyataan Trump, tetapi itu bukan platform media sosial baru.

Dalam minggu pertama, From the Desk of Donald J. Trump memiliki kurang dari 220 ribu engagements. Jauh dari jumlah pengikutnya di Twitter maupun Facebook.

Sejak resmi turun jabatan pada 20 Januari, mantan presiden yang telah mengisyaratkan dengan kuat bahwa dia akan mencalonkan diri lagi pada 2024 itu hanya beberapa kali muncul secara langsung ke publik. Ia juga sedikit berpartisipasi dalam wawancara dengan media besar.

Setelah cabut dari Gedung Putih dan sebelum membuat blog, Trump selalu membagikan pernyataan resmi atau opininya melalui kantor atau komite aksi politiknya, Save America.(*)

Related Articles
Current Issues
Donald Trump Beri Selamat Kepada Nigeria Karena Berani Blokir Twitter

Current Issues
Setelah Terus Dikritik, Facebook Bakal Cabut Perlakuan Khusus ke Politisi

Current Issues
Masih Tak Terima Diblokir, Donald Trump Tuntut Facebook, Twitter, dan Google