Sport

Marukawa Kaget Tradisi Ultah di Persebaya

Mainmain.id

Posted on June 3rd 2021

TAISEI Marukawa telah menjalani tiga kali sesi latihan bersama tim dalam jangka waktu dua hari. Waktu yang cukup untuk memulai menjalin pertemanan dengan rekan-rekan setimnya. Ia pun sudah mulai memahami kondisi tim Persebaya.

Sejatinya Marukawa sudah berkenalan dengan rekan setimnya pada Sabtu (29/5). Saat itu pemain asal Jepang tersebut hadir pada sesi latihan pagi Persebaya dan diperkenalkan langsung oleh pelatih Persebaya Aji Santoso. Marukawa yang kala itu belum menyelesaikan urusan administrasi tidak dapat bergabung dengan Rendi Irwan dkk. Ia lebih banyak berbincang dengan Aji Santoso untuk lebih mengenal klub kebanggaan arek-arek Suroboyo.

Dua hari setelahnya, baru Marukawa mulai ikut merumput saat Persebaya menggelar latihan. Ia sudah mengikuti program latihan meski tidak sampai selesai. Dari sana kesan pertamanya terbangun.

"Saya merasa diterima dengan baik di sini. Teman-teman dukung saya meski memang kami masih jarang berkomunikasi. Mungkin masih terkendala (bahasa). Tapi, saya yakin bisa lebih baik lagi ke depan," papar Marukawa.

Ia sempat kaget pada akhir sesi latihan Selasa sore sore (2/6). Saat itu ia menyaksikan sendiri "kekejaman" pemain dalam merayakan ulang tahun. Kebetulan Supriadi sedang menjadi birthday boy pada hari tersebut.

"Saya diberi tahu coach (Ali) bahwa ada tradisi khusus tiap ulang tahun. Pertama, saya tidak paham, tapi waktu mereka mulai lempar air sampai botol, saya sempat kaget. Tapi, saya paham itu cuma bercanda," terang pemain berusia 24 tahun tersebut.

Ia juga mengaku tidak pernah menemui ritual serupa waktu masih bermain di Eropa. Menurut Marukawa, kultur tim di sana lebih ke arah kompetitif. Bukan seperti di Persebaya yang mengedepankan kekeluargaan.

Meski sudah mulai nyaman dengan tim barunya, Marukawa tidak menampik bahwa dirinya belum mengenal satu per satu nama pemain Persebaya. Padahal, sebelumnya mereka sudah berkenalan dengan pemain yang pernah merasakan atmosfer Europa League tersebut. Lagi-lagi kendala bahasa membuatnya masih butuh waktu untuk dapat menghafal seluruh nama teman seperjuangannya.

"Saya sempat ditanya salah seorang pemain siapa namanya, tapi saya lupa. Saya malu waktu itu, tapi saya jadi ingat setelahnya. Namanya Marsel," kata Marukawa. (Gunawan Sutanto)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Taeisei Marukawa Berharap Pakai Nomor 10 di Persebaya

Sport
Magnet Ajaib Persebaya Bikin Taisei Marukawa Kebanjiran Follower

Sport
Datang ke Tambaksari, Marukawa Ingin Segera Merumput