Sport

Kolombia-Argentina Mundur Jadi Tuan Rumah, Copa America 2021 Digelar di Brasil

Mainmain.id

Posted on June 3rd 2021

Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) menunjuk Brasil sebagai tuan rumah event Copa America 2021. Event itu seharusnya dilangsungkan di Kolombia dan Argentina pada Juni-Juli tahun lalu. Namun, dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang merebak di penjuru dunia. Dalam perjalanannya, dua negara itu akhirnya mundur sebagai tuan rumah.

Sejak 2017, muncul wacana untuk mengubah agenda Copa America dari tahun ganjil ke tahun genap. Untuk itu, setelah berakhirnya Copa America Brasil pada 2019, langsung dilangsungkan Copa America 2020 di Kolombia dan Argentina. Dilaksanakan pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Kemudian, pandemi Covid-19 menyebar di seluruh dunia. Copa America pun ditunda.

Setahun berlalu. Pada akhir Mei lalu, Kolombia diumumkan batal menjadi tuan rumah karena gejolak politik yang sedang terjadi. Kurang dari dua pekan, Conmebol mengumumkan bahwa turnamen yang akan diikuti sepuluh negara di Amerika Selatan itu tidak akan diadakan di Argentina. Situasi kesehatan di negara tersebut akibat pandemi Covid-19 menjadi alasan utama.

Menyusul dengan dua situasi di atas, Conmebol akhirnya menunjuk Brasil untuk menjadi host Copa America 2021. Negeri Samba dirasa paling pas dan paling siap untuk menjadi tuan rumah. "Copa America 2021 akan dimainkan di Brasil." Demikian pernyataan resmi Conmebol. "Tanggal mulai dan berakhir turnamen ini telah dikonfirmasi," lanjutnya.

Kabar itu diamini pemerintah Brasil melalui Kepala Staf Kepresidenan Luiz Ramos. "Copa America di Brasil sudah bisa dikonfirmasi," tulis Ramos di Twitter. "Brasil, yang (pernah) menjadi host Copa Libertadores, Copa Sudamericana, dan berbagai kejuaraan lainnya, tidak dapat menutup pintunya untuk kompetisi tradisional seperti ini," sambungnya.

Keputusan menunjuk Brasil sebagai tuan rumah Copa America memang tak mengejutkan. Bahkan, sesuai prediksi. Sebab, fasilitas di sana sudah tersedia dan lengkap. Sebelum menjadi host Copa America 2019, Brasil pernah menjadi tuan rumah untuk event besar seperti Olimpiade dan Piala Dunia. Selain itu, Conmebol sudah tidak punya banyak waktu. Sebab, event tersebut harus sudah kickoff pada 13 Juni.

Ramos juga mengungkapkan bahwa empat negara bagian di Brasil akan menjadi tuan rumah ajang itu. Yakni, Brasilia, Mato Grosso, Rio de Janeiro, dan Goias. Sementara itu, sebagai tuan rumah, Brasil akan bergabung di grup B bersama Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela. Lalu, grup A diisi Argentina, Uruguay, Bolivia, Cile, dan Paraguay.

Copa America 2021 bisa menjadi event terakhir untuk Lionel Messi. Sebagai penutup, bintang Barcelona itu ingin juara bersama La Albiceleste, sebutan Argentina. "Kami ingin terus berkembang. Kami harus mencoba dan mempertahankan ritme kembali secepatnya dan terus berkembang. Rasanya selalu spesial bisa bersama tim nasional. Kami ingin menang, itulah tujuannya," tegas Messi. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Euro 2020: Di Tangan Mister Roberto Mancini, Italia Hidup Lagi

Sport
Kiat Gareth Southgate Lindungi Skuad Gen Z di Timnas Inggris

Sport
Balada 5 Kasih Tak Sampai La Dea