Tech

Pengguna Sudah Banyak, Twitter Mulai Uji Coba Iklan untuk Fleets

Jingga Irawan

Posted on June 2nd 2021

Contoh iklan di Fleets

Fitur stories milik Twitter, Fleets, tampaknya sukses menjadi bagian penting dari platform media sosial. Dilansir dari The Verge pada Rabu, (2/6) Twitter tampaknya akan segera menambahkan iklan layar penuh ke Fleets dan mulai menguji coba layanan tersebut di Amerika Serikat.

"Iklan di Fleets mencakup papan layar penuh untuk pengiklan," tulis manajer produk senior Twitter Justin Hoang dan manajer pemasaran produk global Austin Evers dalam sebuah unggahan. 

Perusahaan ini meluncurkan program uji coba di AS dengan menggandeng 10 pengiklan perusahaan raksasa. Termasuk di bidang teknologi, ritel, makan, dan vertikal CPG, yang dapat dilihat oleh sekelompok pengguna terbatas wilayah AS di iOS dan Android.

Iklan bakal muncul di antara deretan Fleets mutual kalian di Twitter, dalam gambar maupun video dengan format 9:16. Brand pengiklan juga dapat menyertakan fitur “Swipe Up” atau “Learn More” dalam iklan. Mereka juga dapat mengakses metrik iklan Twitter standar, termasuk tayangan, kunjungan profil, klik, kunjungan situs web, dan informasi lainnya.

Untuk video, Fleets menyediakan durasi pemutaran 30 detik, lebih pendek dari yang ditawarkan Instagram (120 detik) atau TikTok (hingga 60 detik). Akan tetapi, durasi ini dinilai sangat pas, karena iklan yang lebih pendek bakal memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna Twitter.

Bagi brand yang akan memakai layanan iklan video, Twitter akan melaporkan jumlah penayangan video, jumlah penayangan video 6 detik, dimulai, selesai, pelaporan kuartil, dan metrik lainnya.

Twitter mengatakan uji coba ini akan membantu perusahaan memahami seberapa baik jenis iklan semacam ini tampil di aplikasi tersebut, dan memberi tahu perusahaan cara mengoptimalkan iklan Fleets dengan lebih baik ke depannya.

Twitter mulai bereksperimen dengan Fleets pada tahun 2020. Fungsinya untuk memposting konten singkat seperti stories, dan konten tersebut dapat menghilang setelah 24 jam. Awalnya, Fleets dikritik oleh beberapa orang yang merasa bahwa media sosial kini memiliki fitur yang sama dan saling meniru.(*)

 

Related Articles
Tech
Tak Perlu Screenshoot, iOS Kini Bisa Share Twit ke IG Stories. Begini caranya

Tech
Hilangkan Swipe Up, Instagram Siapkan Fitur Serupa Lewat Stiker

Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter