Sport

Persebaya Daftarkan Stadion GBT Sebagai Kandang Liga 1 dan AFC Club Licensing

Mainmain.id

Posted on June 2nd 2021

Manajemen Persebaya Surabaya mendaftarkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai homebase. Baik untuk keperluan AFC Licensing, maupun kandang kompetisi Liga 1 musim ini. Konfirmasi lewat surat resmi telah dikirimkan Persebaya ke PSSI, Senin (31/5) kemarin.

“Senin kemarin sudah kita kirim. Sesuai batas waktu konfirmasi yang diberikan PSSI,” terang Ram Surahman, sekretaris Persebaya Surabaya.

Keputusan mendaftarkan GBT ini, setelah pihak Persebaya menjalin komunikasi lisan dengan Dispora Surabaya. Ini juga sesuai dengan kesepakatan yang dijalin antara Wali Kota Surabaya, Persebaya, dan Bonek pada Oktober lalu. Di mana, saat itu Persebaya dipastikan bisa memakai Stadion GBT untuk kandang kompetisi Liga 1.  “Mulai Juni ini proses AFC Club Licensing sudah mulai. Salah satu yang diminta PSSI yakni konfirmasi stadion homebase. GBT kita daftarkan untuk musim ini,” terangnya.

Persebaya optimistis  musim ini bisa dapatkan lisensi klub professional dari AFC. Tahun lalu, Persebaya gagal dapatkan AFC Club Licensing. Salah satu kendalanya, Stadion GBT yang rencananya didaftarkan sebagai homebase sedang direnovasi. “Kalau sekarang sudah bisa dipakai. Semoga kita dapatkan kembali AFC Club Licensing musim ini,” harap Ram.

Terkait Liga 1 musim ini, manajemen Persebaya belum bisa memastikan apakah tetap bisa berkandang di Stadion GBT. Sejauh ini, Persebaya belum mendapatkan pemberitahuan tertulis dari LIB terkait format kompetisi.

“Baca di media katanya begitu, kompetisi katanya dibuat model Series. Tim tuan rumah tidak bermain di kandang, seperti saat Piala Menpora lalu. Tapi, sampai sekarang kami belum dapat pemberitahuan tertulis,” beber Ram. Yang bikin bingung manajemen Persebaya, belum ada keputusan resmi, tapi di sisi lain PSSI sudah memberi deadline, batas konfirmasi stadion untuk Liga 1.

Sementara itu, LIB telah mengirim undangan pada klub Liga 1 dan Liga 2 untuk melakukan pertemuan virtual, Kamis (3/6) pukul 11.00 WIB. Dalam surat yang dikirim, agenda pertemuan penjelasan terkait format kompetisi. “Mungkin di forum itu dijelaskan. Sebetulnya, kalau lihat agenda yang begitu penting, harusnya bisa dilakukan tatap muka,” ujar Ram.(Gunawan Sutanto/Harian Disway) 

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Persebaya Pertahankan Dua Pemain Trial

Sport
Ada Wacara Pengurangan Pemain Asing, Persebaya Tahan Belanja

Sport
Kehadiran Suporter Bisa Sekedar Harapan