Sport

Bersama VR46 dan Gresini, Ducati Turun Delapan Motor

Mainmain.id

Posted on June 1st 2021

DUCATI sudah menjadi pabrikan dengan motor terbanyak musim ini. Total ada enam Desmosedici. Masing-masing, dua motor di tiga tim, yakni Ducati, Pramac, dan Avintia. Musim depan MotoGP tampil dengan lebih banyak motor lagi.

Motorsport melaporkan, Ducati akan mencapai kesepakatan dengan dua tim sekaligus. Mereka adalah VR46 dan Gresini. Masing-masing akan mendapatkan dua motor.

Empat motor lainnya sudah lebih dulu dipastikan. Dua untuk tim pabrikan, plus dua untuk Pramac. Kontrak Pramac dengan Ducati sudah disepakati beberapa hari lalu. Berdurasi tiga tahun sampai 2024, dengan pembalap Jorge Martin dan Johann Zarco.

Dengan demikian, akan ada 24 pembalap di MotoGP tahun depan. Delapan dari Ducati, 4 dari Honda, 4 dari Yamaha, 4 dari KTM, dan masing-masing 2 motor dari Suzuki dan Aprilia.

Bagi Ducati, turun dengan delapan motor bukan hal baru. Mereka pernah melakukannya pada 2016 dan 2018. Bedanya, ketika itu tim pabrikan di-support Pramac, Avintia, dan Aspar.

Dengan kepastian VR46 ke Ducati, hal itu sekaligus menutup kemungkinan mereka bergabung dengan Yamaha. Artinya, Sepang Racing Team (SRT) tetap akan menjadi satelit Yamaha. Kerja sama itu sudah terjalin sejak tahun lalu di kelas utama.

Sebelumnya, VR46 digadang-gadang akan berduet dengan Yamaha. Itu tidak lepas dari kedekatan Valentino Rossi, sang pemilik tim, dengan Yamaha. Keduanya sudah bersama selama belasan tahun. Sepanjang itu, mereka merebut empat gelar juara dunia.

”Kami ingin menyuplai delapan motor seperti yang kami lakukan sebelumnya,” kata Davide Tardozzi, manajer Ducati, di Mugello.

MotoGP sebelumnya menyatakan, tahun depan seluruh tim harus memiliki tim satelit. Namun, sejalan dengan belum jelasnya tim Suzuki dan Aprilia, Ducati mendapatkan peluang untuk menurunkan lebih banyak motor. (Nanang Prianto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Ducati Pertahankan Dream Team, Patenkan Duet Miller-Bagnaia untuk Musim 2022

Sport
Harapan Baru Marc Marquez pada Pengembangan Baru Honda RC213V

Sport
Perburuan Pengganti Valentino Rossi