Sport

Izin Liga 1 dan Liga 2 Keluar, Persebaya Tunggu Kepastian Jadwal dan Regulasi

Mainmain.id

Posted on June 1st 2021

KABAR yang dinantikan seluruh pencinta sepak bola Indonesia akhirnya datang. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah menerbitkan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021. Izin itu langsung diumumkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri kemarin sore (31/5).

Sebelum itu, pada hari yang sama, Kapolri menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali terkait pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan 2 mulai Juli mendatang. Dalam rapat tersebut, Zainudin menghadap untuk meminta izin kepada Sigit atas penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional. Sebab, pekan lalu pihak Polri menjanjikan izin akan dikeluarkan pada 27 Mei.

”Dari hasil diskusi, diputuskan izin keramaian (diterbitkan) dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Listyo Sigit Prabowo.

Namun, izin yang telah keluar masih dirasa kurang bagi Persebaya. Sebab, belum dibarengi dengan ada kepastian jadwal kompetisi.

”Kami berharap klub secara tertulis sudah mendapatkan (jadwal). Karena ini penting untuk kita melakukan perencanaan dan berkaitan dengan pihak ketiga seperti sponsor,” ungkap Sekretaris Persebaya Ram Surahman.

Selain itu, Ram menantikan detail dari format untuk kompetisi musim 2021/2022. Karena pada kongres yang digelar pada 29 Mei lalu tidak dibahas secara khusus soal kemungkinan format yang akan digunakan. Padahal, format kompetisi akan sangat berpengaruh dengan perencanaan tim ke depan.

"Terus terang, sebenarnya kemarin di arena kongres banyak juga klub yang mempertanyakan kejelasan soal jadwal itu, sistemnya seperti apa. Kalau formatnya series seperti apa. Atau tetap dengan model lama, tapi hanya berpusat di Jawa, kita tunggu seperti apa," ujar pria asal Gresik tersebut.

Regulasi soal pemain asing juga masih menjadi tanda tanya. Sebab, sempat beredar kabar slot pemain asing akan dikurangi menjadi tiga. Dengan pembagian, satu pemain Asia dan dua pemain non-Asia.

"Hal yang berkaitan dengan teknis semuanya belum mendapatkan kejelasan. Karena posisi Persebaya sudah dapat satu pemain asing dan satu lagi dalam perjalanan. Yang satu lagi juga sudah sepakat," beber Ram.

"Tapi, yang terakhir masih kita menunggu regulasi itu (pemain asing, apakah sama 3+1 atau 2+1). Semoga ada kabar dalam minggu ini karena pemain asing harus cepat datang untuk adaptasi," sambungnya.

Adapun pelaksanaan kompetisi Liga 1 direncanakan bergulir pada 10 Juli. Berselang 14 hari kemudian, barulah Liga 2 diagendakan berlangsung. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Aji: Sejak Awal Persebaya Siap dengan Sistem Degradasi

Sport
Kongres PSSI: Tarik Ulur Jumlah Tim Degradasi, Bisa Tiga Atau Empat Tim

Sport
Terapkan Sistem Kluster, Persebaya Tak Bisa Berkandang di GBT