Sport

Manchester City Isyaratkan Cuci Gudang

Mainmain.id

Posted on June 1st 2021

PEP Guardiola telah mengucap ikrar. Pelatih asal Spanyol tersebut ingin menjadikan Manchester City lebih tangguh di masa depan. Tujuan besarnya tentu saja meraih piala Liga Champions. Trofi itu belum pernah dimenangkannya sejak meninggalkan Barcelona pada musim panas 2012. Trofi Si Kuping Besar merupakan satu-satunya yang belum ada di rak piala City.

Mantan pelatih Bayern Munchen itu menegaskan bahwa City akan kembali ke Liga Champions dengan tim yang lebih tangguh. Dengan demikian, tak sekadar kompetitif dengan tim kuat dari Eropa lainnya, mereka juga dapat meraih gelar juara. Gelar yang sudah lama diidamkan Guardiola maupun semua elemen yang ada di tim berjuluk The Citizens itu.

"Ini adalah musim yang luar biasa bagi kami di Manchester City. Sayang, kami tidak bisa memenangkan final Liga Champions ini. Kami sudah mencoba, tapi kami tidak bisa melakukannya. Kami akan bekerja lebih keras dari sini," tegas Guardiola dalam laman resmi UEFA.

Pernyataan tersebut seolah memberikan sinyal bahwa City akan mengubah struktur timnya pada bursa transfer musim panas nanti. Mereka tak lagi diperkuat Sergio Aguero. Striker asal Argentina itu memutuskan hengkang. Kabarnya, eks penyerang Atletico Madrid tersebut akan menjadi tandem baru untuk Lionel Messi di Barcelona. Selain Aguero, Barca mendapatkan bek Eric Garcia dari City secara gratis.

Bukan hanya dua pemain itu yang akan dilepas City. Menurut laporan Daily Mail, ada dua nama pemain vital City yang masuk daftar jual. Raheem Sterling dan Riyad Mahrez. Dua pemain itu merupakan andalan Guardiola musim lalu. Mereka sama-sama mencetak 14 gol di semua kompetisi. Mereka juga berjasa membawa City juara Liga Inggris dan Piala Liga.

Dua pemain tersebut dilepas karena Guardiola tertarik mendatangkan dua bintang tim nasional Inggris, yakni Harry Kane dan Jack Grealish. Kane adalah raja gol dan assist skuad Tottenham Hotspur musim 2020/2021. Penyerang 27 tahun itu ingin pergi dari London Utara demi mendapatkan piala. Untuk mendapatkan Kane dan Grealish, City harus mempersiapkan bujet GBP 250 juta.

Hasil penjualan Sterling dan Mahrez akan bisa menjadi modal untuk mendapatkan incaran Guardiola. Mereka dikabarkan sangat diminati Arsenal. Sterling dan Mahrez diharapkan menularkan DNA juara ke klub berjuluk The Gunners tersebut. Selain Arsenal, Real Madrid dan Barcelona memantau perkembangan Sterling di City.

Selain dua pemain itu, striker asal Brasil Gabriel Jesus dan bek Spanyol Aymeric Laporte masuk daftar jual. Laporte dijual guna memberikan tempat kepada bek baru pada musim panas nanti. Selain itu, sang pemain tak betah di Manchester karena sering dijadikan cadangan. Sedangkan Gabriel Jesus tampak sudah tidak masuk rencana Guardiola musim depan. "Kami belajar dari kekalahan di final Liga Champions ini. Kami akan kembali dengan skuad yang lebih kuat," tegas Guardiola. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Gulung Pep Guardiola, Ryan Mason Bisa Naik Pangkat

Sport
Bumerang False Nine Guardiola

Sport
Man City vs Arsenal Jadi Laga Pembuka Kembalinya Premier League Pada 17 Juni