Current Issues

Menuju Normal, Paris Uji Coba Konser dengan Hadirkan Ribuan Orang Bermasker

Dwiwa

Posted on May 31st 2021

(Kemeriahan konser uji coba di Paris yang dihadiri oleh penggemar bermasker pada 29 Mei 2021. Foto: Reuters/Christian Hartmann)

Setelah sempat dihentikan selama berbulan-bulan akibat pandemi Covid-19, konser musik pelan-pelan mulai kembali. Meskipun untuk sementara konser-konser ini diadakan untuk uji coba. Setidaknya ini memberikan harapan untuk kehidupan normal yang baru.

Terbaru, giliran Prancis yang menggelar sebuah konser bertajuk "Ambition Live Again". Konser ini dihadiri oleh ribuan orang. Konser yang dimeriahkan oleh band rock Prancis Indochine ini digelar di sebuah tempat konser di pusat kota Paris. Dihadiri oleh 5 ribu penggemar.

Dilansir dari Reuters, pertunjukan di Bercy Arena ini merupakan bagian dari eksperimen yang diluncurkan oleh otoritas rumah sakit Paris. Mereka punya tujuan untuk menilai bagaimana konser akan dapat dilanjutkan setelah Prancis secara bertahap mengakhiri pembatasan yang diberlakukan karena penyebaran Covid-19..

Konser ini tentu membuat individu bisa kembali merasakan kehidupan sebelum pandemi. Di mana mereka bisa menikmati musik secara langsung bersama ribuan orang lainnya. Hal yang membedakan menikmati konser sebelum dan selama pandemi hanyalah, para penonton diminta tetap memakai masker. Dan, mereka harus menjalani tes Covid-19 sebelum hadir.

Dalam konser yang dilakukan oleh Assistance Publique-Hopitaux de Paris (AP-HP) dan persatuan industri musik Prodiss ini, ada dua kelompok yang dipilih. Kelompok pertama terdiri dari 5 ribu subyek yang diizinkan untuk menghadiri konser setelah mengikuti tes Covid-19  minggu lalu dan kemudian satu lagi pada hari acara.

Kemudian 2.500 lainnya dipilih untuk tinggal di rumah dan bertindak sebagai kelompok kontrol untuk melihat apakah virus corona menyebar di antara mereka yang menghadiri konser. Anggota kedua grup akan diuji lagi minggu depan dan hasilnya akan diungkap pada akhir Juni.

"Kami telah melihat tetangga Eropa kami melakukan jenis eksperimen yang sama dan mereka menunjukkan hasil yang cukup bagus. Tidak ada alasan untuk ini menjadi buruk di sini,” ujar Lucas Baunech, penonton berusia 22 tahun.

Prancis sendiri telah mulai melonggarkan pembatasan dalam beberapa waktu terakhir. Kafe dan restoran kembali melayani pelanggan awal bulan ini setelah penutupan enam bulan untuk mencegah penyebaran infeksi.(*)

Related Articles
Current Issues
CDC Sebut Masker Ini Paling Ampuh untuk Mencegah Penyebaran Omicron

Current Issues
Terinspirasi dari Hidung Hewan, Masker Ini Diklaim Lebih Nyaman untuk Bernapas

Collaboration
Masker Berperan Penting dalam Penyebaran Covid-19, Studi Ini Beri Bukti