Tech

Xiaomi Pamerkan Teknologi Terbaru, Isi Daya Smartphone Hanya 8 Menit

Jingga Irawan

Posted on May 31st 2021

Xiaomi baru saja pamerkan teknologi fast-charging teranyar miliknya. Mereka mengklaim telah mencapai rekor dunia baru untuk kecepatan charging menggunakan kabel dan nirkabel.

Dilansir dari The Verge pada Senin, (31/5) perusahaan mendemonstrasikan teknologi tersebut menggunakan Mi 11 Pro yang dimodifikasi dengan baterai 4.000 mAh. Xiaomi kemudian mengisi daya ponsel hingga penuh dalam 8 menit melalui sistem "HyperCharge" berkabel 200W, atau membutuhkan waktu 15 menit dengan pengisian daya nirkabel 120W.

Kecepatan dalam charging baterai sering menjadi persaingan sengit bagi perusahaan pembuat smartphone asal Tiongkok. Dua tahun lalu, Xiaomi mengumumkan sistem 100W yang dapat mengisi daya baterai 4.000 mAh dalam 17 menit. Dan, baru tahun lalu Mi 10 Ultra dapat terisi dalam 23 menit pada 120W meskipun memiliki baterai 4.500mAh alias lebih besar.

Selain Xiaomi, Oppo adalah pemimpin lain di bidang fast-charging. Dengan teknologi VOOC-nya yang menjadi dasar sistem pengisian cepat OnePlus' Dash and Warp. Tahun lalu perusahaan tersebut mendemonstrasikan sistem 125W untuk baterai 4.000mAh dalam 20 menit.

Kemajuan selalu disambut baik, dan ide untuk menciptakan pengisi daya ponsel hingga penuh dalam delapan menit tentu saja menarik. Namun, perlu diperhatikan bahwa sistem pengisian daya cepat selalu membutuhkan pengisi daya dan kabel eksklusif, sehingga sebagian besar hanya mampu digunakan di tempat tertentu daripada situasi darurat. (*)

Related Articles
Tech
Sempat Ragu, Xiaomi Akhirnya Terjun ke Pasar EV Tiongkok. Investasinya Fantastis

Tech
Capai Kesepakatan, Xiaomi Berhasil Lolos dari Daftar Hitam AS

Tech
Xiaomi Salip Apple sebagai Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Dunia