Hobi

Ikat Pinggang Batman Edisi 1989 Dilelang, Harga Pembukaannya Rp 143 Juta

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 30th 2021

Kostum Batman terus mengalami evolusi dari satu film ke film berikutnya. Namun komponen utama seperti jubah dan utility belt adalah bagian tak terpisahkan dari setiap kostum. Utility belt sendiri adalah sabuk tempat menyimpan berbagai item pendukung Batman dalam beraksi, seperti pisau lemparnya yang ikonik.

Baru-baru ini, Prop Store's Entertainment Memorabilia mengabarkan bahwa mereka akan melelang salah satu utility belt yang dulunya menjadi properti dalam film Batman tahun 1989. Sabuk itu dulunya pernah dikenakan Michael Keaton, pemeran Batman dalam film tersebut.

"Prop Store menawarkan beragam jenis properti superhero, kostum, komik dan masih banyak lagi dalam lelang bulan depan," ujar COO Prop Store Brandon Alinger. "Sebagai salah satu genre terbesar Hollywood dalam beberapa dekade silam (film superhero), permintaan akan item original dari film superhero telah melambung tinggi."

Sabuk Batman Michael Keaton bukan satu-satunya barang superhero yang akan dilelang Prop Store. Allinger mengatakan jika mereka juga memiliki perlengkapan kostum dari film Batman Return, cakar alumunium Wolverine Huge Jackman, serta kostum lengkap Leonardo Si Kura-kura Ninja.

Utility Belt Michael Keaton diperkirakan akan terjual di kisaran harga USD 8.000 hingga USD 10.000 (sekitar Rp 114,3 juta hingga Rp 143 juta). Sementara cakar Wolverine Hugh Jackman kemungkinan akan terjual di kisaran harga USD 15.000 hingga USD 20.000 (sekitar Rp 214,3 juta hingga Rp 285,7 juta).

Selain itu, barang-barang bertemakan Batman lainnya yang akan dilelang antara lain poster asli film Batman Return keluaran 1992 yang menampilkan karakter Oswald Cobblepot (Penguin), komponen batsuit dari film Batman Returns, bros dengan bekas tembakan peluru yang dikenakan Keaton dalam film Batman, serta Sonar-Suit Batcowl yang dikenakan Val Kilmer dalam film Batman Forever tahun 1995.

Lelang tersebut juga akan melego beberapa properti film lain, seperti topi fedora yang dikenakan Harrison Ford dalam Indiana Jones and the Temple of Doom (sekitar Rp 2,14 miliar-Rp 3,57 miliar) serta tongkat dan kacamata yang digunakan Daniel Radcliffe dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows bagian 1 dan 2 (Rp 429 juta-Rp715 juta). 

Tahun lalu, Prop Store berhasil meraup hingga Rp 88,6 miliar hanya dalam pelelangan selama 48 jam. Tahun ini, mereka akan menggelar pelelangan secara daring pada tanggal 29 Juni hingga 1 Juli, pada pukul 9.00 pagi hingga 5 sore setiap harinya. Pendaftaran lelang tersebut dibuka via situs Prop Store. Michael Keaton sendiri dikabarkan akan kembali memerankan Batman dalam film The Flash gubahan Warner Bros. dan DC.(*)

Related Articles
Entertainment
Trailer The Batman Telah Dirilis, Begini Aksi Robert Pattinson Sebagai Batman

Entertainment
Siapakah Black Mask, Musuh Utama Harley Quinn di 'Birds Of Prey'?

Entertainment
Ini Alasan Mengapa Ben Affleck Tak Mau Lagi Jadi Batman