Sport

Kongres PSSI: Tarik Ulur Jumlah Tim Degradasi, Bisa Tiga Atau Empat Tim

Mainmain.id

Posted on May 30th 2021

PSSI secara resmi memutuskan tetap ada promosi dan degradasi. Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di hadapan peserta kongres PSSI di Jakarta kemarin (29/5).

”Keputusan ini sudah dikomunikasikan Sekjen dengan AFC dan FIFA. Kami mohon maaf dan meminta teman-teman untuk berbesar hati,” ujarnya di depan forum. ”Saya sudah baca semua surat yang masuk. Alasan yang disampaikan teman-teman klub. Tetapi, ini keputusannya. Saya mohon maaf,” ujarnya.

Meski telah diputuskan, sampai sekarang belum ada kepastian berapa tim yang bisa menikmati promosi maupun degradasi. Baik di Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3. Kabar di arena kongres juga simpang siur. Ada yang menyebut tiga tim terbawah di klasemen akhir Liga 1 bakal langsung turun. Begitu juga dengan tim terbawah di Liga 2. Langsung turun ke kasta di bawahnya. Itu seperti sistem yang sudah berjalan selama ini.

Namun, muncul juga skema lain. Yakni, empat tim terbawah di klasemen akhir Liga 1 bersiap untuk turun kasta. Perinciannya, dua tim terbawah langsung degradasi, sedang dua tim di atasnya harus berebut tiket playoff dengan peringkat ke-3 dan ke-4 di Liga 2.

Sejauh ini, belum bisa diketahui ke mana keputusan yang akan diambil. Semua akan diputuskan dalam rapat exco PSSI. Yang pasti, jumlah tim Liga 2 yang berminat promosi cukup banyak. Beberapa tim layak dijagokan. Di antaranya, Dewa United, PSG Pati, PSMS Medan, dan Sriwijaya FC. Plus, tentu saja tim milik putra Presiden Jokowi, Kaesang, Persis Solo. Juga, Rans Cilegon United yang dimiliki Raffi Ahmad.

Sementara itu, jumlah pesohor tanah air yang terjun di dunia bola dipastikan bertambah. Setelah Raffi Ahmad dengan RANS Cilegon United-nya, kini nama Atta Halilintar akan terjun. Youtuber dan pengusaha itu sudah bertemu Mochamad Iriawan pada Jumat (28/5).

”Atta akan membeli salah satu klub. Akan turut meramaikan sepak bola nasional,” ujar Iriawan tanpa menyebut klub yang akan dibeli Atta. ”Yang pasti, ini menunjukkan makin tingginya trust pada sepak bola kita. Cukup bagus. Nanti juga ada raja Kelantan yang masuk. Sepak bola bakal makin menarik,” tutup Iriawan. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Bisa Nribun Nonton Bola ke ke Stadion, Asal Sudah Vaksin

Sport
Sekjen PSSI: Izin Sudah Ditandatangani

Sport
Liga 1 Kemungkinan Digelar dengan Sistem "Series"