Sport

Bisa Nribun Nonton Bola ke ke Stadion, Asal Sudah Vaksin

Mainmain.id

Posted on May 30th 2021

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat ini menggodok kemungkinan membuka kehadiran suporter untuk menyaksikan pertandingan Liga 1 musim ini. Tapi, syarat itu khusus bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

”PSSI dan LIB saat ini masih menggodok kemungkinan ke arah sana. Bagaimana mekanisme yang tepat. Salah satunya membolehkan mereka yang sudah divaksin masuk ke stadion,” terang Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di depan peserta kongres PSSI di Jakarta kemarin (29/5).

Tentu saja, penonton yang hadir akan dibatasi. Untuk tahap awal, maksimal 10 persen dari kapasitas stadion. Meskipun jumlahnya terlihat sedikit, PSSI tetap harus melakukan persiapan teknis secara detail. Mulai duduk di stadion, identitas di tiket, sampai dengan database siapa saja yang ada di stadion.

”Misalnya (Stadion) Manahan kapasitasnya 28 ribu. Maka, ada 2.800 yang bisa datang. Meski sedikit, persiapan yang dilakukan harus matang. Ini terkait dengan penerapan prokes,” jelasnya. ”Itulah yang saat ini terus digodok dan dimatangkan bersama,” ungkapnya. 

Kehadiran penonton ke stadion juga menjadi salah satu perhatian Presiden Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan Jokowi langsung saat menerima Iriawan di Istana Negara Senin lalu (24/5). Hari itu, kata Iriawan, PSSI memang dipanggil presiden. Jokowi menanyakan semua hal terkait dengan sepak bola Indonesia. Salah satunya soal kompetisi musim ini.

Nah, di sela pembahasan itu, Jokowi meminta PSSI mengkaji secara detail kemungkinan pertandingan bisa disaksikan penonton di stadion. ”Beliau memberikan atensi pada sepak bola kita. Selalu mengikuti perkembangan. Termasuk kompetisi yang akan digulirkan di masa pandemi sekarang ini,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait izin kompetisi Liga 1, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali  menjamin akan segera keluar. Ia pasang badan untuk itu. Kemenpora sendiri sudah mengeluarkan rekomendasi. ”Insya Allah keluar. Tinggal nunggu pengumuman Pak Kapolri. Saya yang menjamin,” ungkapnya saat memberikan sambutan di depan peserta kongres PSSI. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Kongres PSSI: Tarik Ulur Jumlah Tim Degradasi, Bisa Tiga Atau Empat Tim

Sport
Terapkan Sistem Kluster, Persebaya Tak Bisa Berkandang di GBT

Sport
Persebaya Usulkan Kompetisi Digelar di Jawa