Korea

Deretan Artis K-Pop Generasi Kedua yang Comeback, Siapa Saja Ya?

Dwiwa

Posted on May 29th 2021


(Soompi)

Siapa nih yang sudah kangen dengan penampilan para artis K-Pop generasi kedua? Setelah banyak yang vakum selama beberapa tahun karena wajib militer ataupun kesibukan lain, artis K-Pop generasi kedua tampaknya banyak yang memilih tahun ini sebagai waktu yang tepat untuk comeback.

Beberapa di antaranya kini memilih untuk bersolo karir meski tidak sedikit pula yang tetap comeback sebagai grup yang membesarkan nama mereka. Dilansir Soompi, berikut deretan artis K-Pop generasi kedua yang siap dan sudah kembali ke panggung musik.

1. 2AM

Rasanya sudah begitu lama kita melihat 2AM bersama-sama. Mereka terakhir muncul sebagai grup adalah saat merilis album studio Let's Talk pada 2014 silam. Tetapi kini, agensi para anggotanya telah mengonfirmasi jika ada kemungkinan mereka akan comeback sebagai grup. Wah, para “I am” (fandom 2AM) pasti sudah tidak sabar yah untuk bernostalgia.

2. 2PM

Para “Hottest”, sebutan bagi penggemar 2PM, juga mendapat kabar baik. Pasalnya, grup yang dikenal sebagai beast idol ini telah mengonfirmasi jika mereka akan comeback pada Juni mendatang. Mereka sempat vakum sejak 2016 karena para anggotanya harus menyelesaikan wajib militer. Dan kini setelah semua anggota menyelesaikan wamil, mereka siap untuk kembali memanaskan panggung musik K-Pop.

3. G-Dragon

Semenjak menyelesaikan wajib militer, para penggemar telah menantikan kapan Kwon Ji-yong alias G-Dragon kembali. Menurut sebuah laporan, YG Entertaintment menyebut jika G-Dragon sedang mengerjakan musik baru pada November 2020, tetapi belum ada tanggal rilis yang pasti. Tentu banyak yang berharap jika karya terbarunya ini bisa didengar tahun ini.

4. CNBLUE

Setelah lama absen, CNBLUE menghadapi tantangan untuk mengubah gaya musik mereka sebagai trio. Para anggota comeback dengan album “RE:CODE” pada November 2020 lalu, mengikuti jalan yang mereka diskusikan bersama sebagai tim. Hasilnya, bisa kalian dengarkan sendiri di kanal resmi FNC Entertaintment.

5. SHINee

SHINee menjadi salah satu artis K-Pop generasi kedua yang sudah sempat kembali pada 22 Februari lalu. Melalui album repackaged-nya Atlantis, SHINee berhasil mengobati kerinduan para Shawol terhadap idolanya. Tetapi tak lama setelah comeback, sang maknae Taemin harus menjalani wajib militer pada 31 Mei. Jadi, yang masih belum puas dengan comeback mereka awal tahun ini, bersabar ya.

6. CL

Album studio CL menjadi salah satu rilis musik yang paling dinantikan di industri K-Pop. Album ini rencananya akan dirilis pada 30 November, tetapi ditunda agar sang artis bisa lebih menyempurnakannya. Sayangnya, pada akhir Januari penyanyi bernama asli Lee Chaerin ini harus kehilangan ibunya. Dia sempat merilis lagu Wish You Were Here untuk mengenang sang ibu. Sejak saat itu, berita kapan CL akan comeback tidak pernah terdengar lagi.

7. Super Junior

Tidak ada momen yang membosankan bersama Super Junior. Selama hampir 17 tahun grup yang satu ini selalu berhasil menghibur para penggemarnya. Dan setelah para anggotanya menyelesaikan wajib militier, mereka akhirnya comeback  lewat album The Renaissance pada pertengahan Maret lalu. Wah para ELF pasti senang banget yah. 

8. IU

Di antara boy group dan girl group yang berjaya sebagai artis K-Pop generasi kedua, IU berhasil menjadi solois yang tidak kalah tenar. Album terbarunya “LILAC” yang dirilis pada akhir Maret lalu bahkan memuncaki tangga musik baik domestik maupun internasional.

9. HyunA

Musik HyunA selalu bersemangat, berani dan penuh wanra. Artis yang tetap jujur dengan dirinya sendiri hungga saat ini tersebut tampaknya jadi lebih bebas dan puas setelah bergabung dengan P Nation. Lewat album ketujuhnya yang bertajuk I’m Not Cool yang dirilis pada akhir Januari lalu, HyunA mencoba menghadirkan sesuatu yang baru dalam musiknya. 

10. Oh My Girl

Sebagian besar girl grup generasi kedua memang telah bubar, tetapi saat melihat Oh My Girl masih merilis musik tentu sangat nostalgic. Lewat lagu Dun Dun Dance yang dirilis pertengahan Mei lalu, musik dari girl grup ini benar-benar menjadi mood maker loh

11. Highlight

Grup yang debut dengan nama B2ST atau BEAST ini telah melakukan comeback pada awal Mei sebagai grup dengan lagu Not The End yang ada dalam album bertajuk The Blowing. Mendapat sambutan baik dari penggemar, para anggota meyakinkan jika mereka akan tetap ada di sini. 

Nah kalau kalian, artis K-Pop generasi kedua mana nih yang paling ditunggu comebacknya?

Related Articles
Korea
LILAC, Album Pertama IU Tanpa Lagu Buatannya Sendiri

Korea
Drastisnya Perbedaan Gaya Rambut 10 Idol KPop Saat Debut dan Sekarang

Entertainment
Lucunya SuperM di Balik Layar Nickelodeon: Pujian untuk Kai & Viralnya Kaus