Tech

Twitter Lagi Uji Coba Reaksi Selain Likes, Mulai dari Emoji Sedih sampai Tertawa

Buat kamu yang gak mau kasih like, tapi malas berkomentar.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 29th 2021


(Mengandung gambar dari Twitter @wongmjane)

Twitter sepertinya bosan melihat likes sama retweet aja. Ditemukan oleh pengguna Twitter @wongmjane, media sosial satu ini tampak sedang mencoba menyiapkan beragam reaksi selain bentuk hati.

Tweet Reactions yang ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong ini ada lima jenis yaitu likes, cheer, hmm, sad, dan haha. Gak ada pilihan angry atau dislike, mungkin karena biasanya kita bisa lihat dua ekspresi tersebut lewat quote tweet atau komentar. Kita bisa lihat jumlah setiap akun yang memberikan reaksi tertentu dan jumlah seluruh reaksi yang kita terima.


(Gambar: Twitter @wongmjane)

Beberapa reaksi tersebut sepertinya dipilih Twitter berdasarkan perpaduan emoji yang paling sering digunakan warga Twitter. Di tahun 2020 lalu, platform satu ini sempat mendata sepuluh besar emoji yang paling sering dipakai—dan hasilnya adalah emoji tertawa sambil mengeluarkan air mata menduduki posisi teratas. Di urutan selanjutnya ada emoji menangis, puppy eyes, dan tertawa versi miring.


(Gambar: Twitter)

Dilansir dari TechCrunch, Twitter sendiri telah melakukan survei untuk sebagian pengguna pada Maret lalu mengenai reaksi emoji yang paling mereka inginkan. Saat itu platform satu ini menyediakan beberapa paket reaksi termasuk reaksi setuju dan tidak setuju. Bisa jadi pemilihan reaksi juga dipilih dari sini.


(Gambar: Social Media Today)

Reaksi seperti ini sebenarnya sudah diterapkan Twitter di direct message. Bedanya, reaksi di DM ada tujuh jenis yaitu emoji tertawa, kaget, sedih, hati, api, jempol ke atas, dan jempol ke bawah. Terus Tweet Reactions sepertinya memilih jenis emoji yang berbeda? Entahlah.


Emoji reaksi di direct message Twitter

Media sosial lain seperti Facebook dan Instagram juga sudah punya fitur reaksi sejenis. Reaksi di Facebook sudah ada sejak 2016 dan bisa kita berikan di unggahan yang muncul di linimasa atau chat di Messenger. Kalau di Instagram kita bisa memberikan reaksi di chat DM. Mirip-mirip.

Di luar itu, Twitter telah merilis fitur Tip Jar agar para kreator bisa menerima sejumlah uang dari para fan mereka. Media sosial satu ini juga sudah memperbarui tampilan gambar di linimasa, sekarang gak ada lagi Twitter Crop yang biasanya dimanfaatkan buat meme open for surprise.(*)

Related Articles
Tech
Twitter Kembalikan Retweet Jadi Normal, Nggak Diarahkan Untuk Quote Tweet Lagi

Tech
Twitter Uji Coba Fitur Undo Send, Ada Kesempatan Buat Membatalkan Twit Impulsif

Tech
Beli Aplikasi Squad, Twitter Bakal Bikin Fitur Hangout Virtual Lewat Video Call