Tech

Mau Nyoba Jaringan 5G? Ini Daftar Ponsel yang Bisa Kamu Gunakan

Dwiwa

Posted on May 28th 2021

(Pixabay)

Jaringan 5G telah resmi digunakan secara komersial mulai 27 Mei kemarin. Operator seluler Telkomsel menjadi yang pertama menyelenggarakan layanan dengan teknologi yang masih cukup baru ini.

Berjalan di spektrum frekuensi 2,3 GHz, membuat layanan 5G dari Telkomsel ini tidak dapat digunakan oleh semua jenis ponsel. Dilansir dari Antara, hanya ponsel yang mendukung spektrum N40 atau 2,3 GHz saja yang bisa menangkap sinyal ini.

Berdasarkan keterangan Telkomsel, hanya gawai dengan teknologi 5G non-standalone atau 5G NSA saja yang dapat menggunakan jaringan tersebut. Kabar buruknya, ternyata tidak semua smartphone 5G yang diluncurkan di Indonesia dapat menangkap spektrum frekuensi dari layanan milik Telkomsel ini.

Lalu, ponsel apa saja ya yang sudah bisa digunakan untuk mengakses layanan jaringan terbaru milik Telkomsel ini? Ternyata, baru ada 4 ponsel yang dapat dipakai untuk mengakses layanan 5G  tahap awal milik Telkomsel ini.

Mereka adalah Oppo Reno 5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro. Jika kalian memiliki empat gawai ini, cukup memperbarui sistem operasi supaya dapat tersambung ke jaringan 5G Telkomsel.

Waduh, kok cuma ada 4. Kalau ponsel kita sudah 5G tetapi bukan termasuk dari keempat gawai itu bagaimana dong? Tenang, kalian tidak perlu panik dulu.

Meskipun saat ini gawai kalian belum bisa digunakan untuk mengakses jaringan 5G Telkomsel, namun dikatakan jika perusahaan akan menggandeng vendor lain agar lebih banyak pilihan bagi pelanggan Telkomsel.

Oh ya, satu hal yang juga perlu diingat. Meskipun layanan 5G Telkomsel sudah hadir di Indonesia, untuk sementara baru beberapa wilayah di Jabodetabek saja yang bisa menggunakan. Wilayah tersebut meliputi pemukiman di Alam Sutera, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai (BSD), Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Gading.

Ke depan, jangkauan layanan 5G milik Telkomsel ini juga akan diperluas ke beberapa kota yang lain. Itu termasuk Denpasar, Makassar, Surabaya, Jakarta, Solo, Balikpapan, Bandung, Batam, serta Medan. (*) 

Related Articles
Tech
Kota-Kota di Indonesia yang Bisa Nikmati Jaringan 5G

Tech
Pemilik Xiaomi, Vivo, Oppo Wajib Baca! Ponselmu Bakal Disaingi Google x India

Tech
Raksasa Teknologi Baidu dan Geely Investasikan USD 7,7 Miliar untuk Smart EV