Sport

Taeisei Marukawa Berharap Pakai Nomor 10 di Persebaya

Mainmain.id

Posted on May 28th 2021

TEISEI Marukawa akhirnya menginjakkan kaki di Surabaya. Pemain kelahiran Hiroshima itu terlihat keluar dari pintu kedatangan Bandara T2 Juanda tadi malam (27/5), sekitar pukul 21.00 WIB. Ia terbang dari Bandara Soekrano-Hatta, Jakarta, sekitar pukul 19.00 WIB dengan menumpang maskapai Citilink.

Senyumnya mengembang menyambut ofisial Persebaya yang menjemput kedatangannya. Setelah meninggalkan Bandara Haneda, Tokyo, Minggu (22/5), Marukawa akhirnya menginjakkan kakinya di Kota Surabaya. Sebelumnya, Marukawa harus menjalani karantina hingga kemarin (27/5) di Jakarta. ”Saya sudah tak sabar untuk segera berlatih. Menyapa coach dan teman-teman pemain,” ujarnya.

Mungkin Marukawa akan mulai bergabung pada sesi latihan Sabtu (29/5). Hari ini ia menjalani tes medis dulu. Bila semua oke, pekan depan ia secara resmi diperkenalkan ke publik sebagai rekrutan asing pertama Persebaya. ”Harus lolos tes medis dulu, baru tanda tangan kontrak. Setelah itu, kami perkenalkan ke publik secara resmi,” ujar Ram Surahman, sekretaris tim Persebaya.

Kepada manajemen, Marukawa punya satu permintaan. Ia sangat ingin mendapatkan jersey nomor 10. Ia mengaku selama ini menjalankan posisi playmaker dengan nomor jersey 10. ”Saya terbiasa bermain sebagai pemain nomor 10. Kalau masih belum ada yang memakai, saya mau nomor itu,” ujarnya. Nomor itu memang masih tersedia. Musim lalu jersey nomor 10 dipakai Makan Konate.

Dalam CV, Marukawa mencantumkan posisi naturalnya sebagai central midfielder. Namun, ia bisa juga menjalankan posisi winger, baik kanan maupun kiri. Musim lalu tiga posisi itu dimainkan sama bagusnya oleh Marukawa saat membela Noah Jumala FC. Klub di kasta tertinggi Liga Latvia.

Pelatih Aji Santoso menyebutkan, tak ada masalah dengan permintaan nomor punggung tersebut. Kebetulan, di skuad musim ini memang belum ada yang memakai. Tempo hari Hambali kabarnya berharap bisa menggunakan nomor 10. Namun, belakangan niat itu urung. ”Kalau memang kosong, gak ada masalah. Pakai saja,” ujar Aji.

Hanya, soal peran di lapangan, Aji Santoso sudah punya skenario tersendiri. Marukawa tak akan beroperasi di tengah. Tapi, akan digeser sedikit ke kiri. Ia akan mengisi posisi sayap kiri. Sebab, itulah salah satu titik terlemah Persebaya musim ini. ”Nanti ia bermain di kiri. Menutup lini terlemah kita. Kalau di lini lain, semua sudah oke,” jelasnya.

Kendati begitu, tak tertutup kemungkinan Marukawa bisa bermain sebagai layaknya pemain nomor 10. ”Situasi di lapangan pasti dinamis. Bisa saja nanti kita mainkan di posisi yang biasa dijalani sebelum ini,” jelasnya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Marukawa Kaget Tradisi Ultah di Persebaya

Sport
Datang ke Tambaksari, Marukawa Ingin Segera Merumput

Sport
Magnet Ajaib Persebaya Bikin Taisei Marukawa Kebanjiran Follower