Tech

Kota-Kota di Indonesia yang Bisa Nikmati Jaringan 5G

Dwiwa

Posted on May 27th 2021

(Pixabay)

Ada yang sudah tidak sabar menikmati seperti apa cepatnya berselancar di dunia 5G? Tenang, rasa penasaran kalian akan segera terjawab. Pasalnya, kini jaringan 5G ini sudah mulai hadir di Indonesia.

Telkomsel akan menjadi operator seluler pertama yang akan menggunakan jaringan 5G di Indonesia usai mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).Tetapi untuk sementara ini, hanya beberapa wilayah tertentu yang bisa menikmati seberapa kencang jaringan baru tersebut terhitung mulai hari ini (27/5).

Dalam konferensi pers yang diunggah melalui kanal YouTube Kementerian Kominfo, Direktur utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan jika pada 27 Mei, jaringan 5G baru akan tersedia di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutra.

Meski begitu, rencananya jaringan 5G juga akan digelar di beberapa wilayah lain di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Beberapa di antaranya adalah Bandung, Makassar, Surabaya, Batam, Denpasar, Balikpapan, Medan, dan Solo.

Nah kabar baiknya lagi, bagi kalian yang sudah menggunakan SIM Card Telkomsel 4G, tidak perlu repot ganti kartu. Sebab, kartu SIM yang digunakan sudah langsung bisa digunakan untuk mengakses jaringan 5G.

Jaringan 5G milik Telkomsel ini mengandalkan spektrum frekuensi radio 2,3 GHz yang diperoleh dalam lelang awal tahun. Ini termasuk ke dalam spektrum middle band sehingga cocok digunakan bagi jaringan mobile broadband.

Dengan hadirnya jaringan 5G ini, tentu kita sangat berharap jika berselancar di internet tidak lagi lelet seperti sebelumnya. Apalagi, dalam beberapa uji coba yang pernah dilakukan, jaringan 5G memang lebih kencang dibanding dengan 4G.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan jaringan 5G jika kita berada di wilayah yang saat ini sudah tercakup? Caranya gampang kok. Dua hal yang paling penting adalah SIM Card Telkomsel kalian sudah 4G dan ponsel yang digunakan telah mendukung jaringan 5G.

Jika dua hal itu sudah terpenuhi, dan tentu saja kalian tinggal di wilayah yang sudah bisa mengakses 5G, kalian sudah langsung bisa membuktikan kebenaran soal jaringan 5G yang digadang-gadang jauh lebih cepat dari 4G. (*) 

Related Articles
Tech
Mau Nyoba Jaringan 5G? Ini Daftar Ponsel yang Bisa Kamu Gunakan

Tech
Koneksi iPhone 13 ke Satelit Ternyata Hanya untuk Keadaan Darurat

Current Issues
Pusat Data & Jaringan 5G Tiongkok Picu Lonjakan Emisi Karbon