Tech

Microsoft Bakal Luncurkan Generasi Terbaru Windows yang Untungkan Developer

Jingga Irawan

Posted on May 27th 2021

credit: The Verge

CEO Microsoft Satya Nadella bikin banyak pihak penasaran. Dalam pidatonya di acara tahunan Microsoft Build 2021 yang berlangsung secara virtual pada 25 Mei-27, ia mengatakan tengah mengembangkan generasi terbaru Windows yang memiliki banyak pembaruan.

Ia mengklaim, pembaruan tersebut akan menguntungkan para developer program. Bahkan Nadella mengaku turun tangan dan menguji coba generasi terbaru Windows tersebut selama 10 bulan terakhir.  

“Kami akan segera membagikan salah satu pembaruan paling signifikan pada Windows dalam dekade terakhir untuk membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan kreator. Saya telah meng-hosting-nya sendiri selama beberapa bulan terakhir, dan saya sangat bersemangat dengan generasi Windows berikutnya,” ucap Satya Nadella

Microsoft telah mengerjakan toko aplikasi baru untuk Windows akhir-akhir ini, berbarengan dengan beberapa perubahan UI yang signifikan pada sistem operasi.

Kemungkinan besar perubahannya ada pada Windows apps store, yang mengizinkan pengembang untuk mengirimkan aplikasi Windows apa pun, termasuk browser seperti Chrome atau Firefox. Rumornya, Microsoft juga mengizinkan platform mendapatkan pembayarannya sendiri dalam aplikasi. Sehingga pendapatan pengembang tidak dipotong oleh Microsoft.

Ucapan khusus Nadella tentang the next generation of Windows sangat menarik. Pasalnya, Microsoft terbiasa menyebut semuanya dengan “Windows 10”, dan bahasa ini dapat menunjukkan bahwa perusahaan sedang mempersiapkan perubahan yang lebih signifikan dengan branding Windows.

Pengumuman ini muncul setelah Microsoft mengkonfirmasi Windows 10X, OS-nya yang lebih sederhana untuk perangkat layar ganda, tidak lagi dikirimkan pada pelanggan. Perusahaan sekarang fokus membawa bit terbaik dari Windows 10X ke dalam versi utama Windows 10 sebagai gantinya.

Sementara, para pengguna Windows juga berharap melihat beberapa perubahan UI yang signifikan pada Windows dengan nama kode "Sun Valley".

Beberapa pembaruan itu telah terlihat dengan ikon sistem baru, peningkatan File Explorer, dan berakhirnya ikon era Windows 95. Microsoft juga berfokus pada peningkatan fondasi dasar Windows, dengan perbaikan untuk masalah pengaturan ulang aplikasi di beberapa monitor, penambahan fitur Xbox Auto HDR, dan peningkatan dukungan audio Bluetooth.

Nadella juga mengingatkan bahwa pengguna akan mendengar lebih banyak tentang masa depan Windows "segera", jadi kemungkinan banyak pengumuman atau acara dalam beberapa minggu mendatang.(*)

Related Articles
Tech
Microsoft Bakal Ungkap "Next Generation of Windows" pada 24 Juni

Tech
Setelah 26 Tahun, Microsoft Akhirnya Perbarui Ikon dari Era Windows 95

Tech
Siap "Say Goodbye", Windows 10 Resmi Pensiun pada 2025