Tech

Instagram dan Facebook Beri Pengguna Pilihan untuk Sembunyikan Jumlah Like

Mungkin cocok buat kamu yang terobsesi sama likes.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 27th 2021


(Foto: Instagram)

Instgaram dan Facebook akhirnya meresmikan fitur menyembunyikan jumlah likes. Kini kita bisa memilih untuk tidak melihat likes di unggahan orang lain atau milik kita sendiri. Tujuannya sih buat menjaga kesehatan mental tetap baik.

Fitur menyembunyikan jumlah likes ini sudah diuji coba pada 2019 lalu. Salah satu tujuannya adalah menurunkan tingkat kekhawatiran dan tekanan sosial yang dialami pengguna Instagram. Namun, saat itu reaksi terhadap percobaan ini cukup beragam. Ada yang bereaksi positif karena bisa berdampak baik pada kesehatan mental, ada juga yang kontra karena likes dianggap penting untuk unggahan yang menyangkut bisnis.

“Kami telah menguji coba menyembunyikan jumlah like untuk melihat apakah hal tersebut menurunkan tekanan pengguna Instagram, ujar juru bicara Instagram dilansir dari The Verge.

"Kami mendengar dari para ahli dan masyarakat bahwa tidak melihat like bermanfaat bagi sebagian orang dan menyebalkan untuk yang lainnya, terutama karena like dimanfaatkan untuk melihat mana yang sedang populer atau trending, jadi kami memberikan pilihan.”

Kalau kamu mau menyembunyikan jumlah like semua unggahan yang kamu lihat di Instagram, kamu bisa mengaturnya di pengaturan, pilih Privasi, lalu klik Postingan. Pilihan menonaktifkan jumlah suka dan jumlah tayangan video akan muncul di paling atas.

Kalau mau menyembunyikan jumlah likes di unggahan kita sendiri, kita bisa mengunggah dulu konten yang kita mau. Setelah itu klik ikon tiga titik yang ada di sisi atas kanan unggahan, terus pilih “Sembunyikan Jumlah Suka”. Yup, kalau post sendiri memang harus dimatikan satu-satu.


(Foto: Instagram)

Kalau di Facebook, kita bisa menyembunyikan jumlah likes di bagian pengaturan. Klik pengaturan di bagian News Feed, lalu pilih Reaction Counts. Di situ kita bisa langsung menonaktifkan tampilan likes unggahan orang lain dan unggahan kita sendiri. Gak perlu satu-satu kayak Instagram untuk menyembunyikan likes di unggahan kita.


(Foto: Facebook)

Di luar itu, Instagram juga telah menguji coba fitur filter kata-kata kasar untuk di komentar dan di DM untuk lindungi pengguna dari ujaran kebencian atau pelecehan. Facebook juga akan merilis sederet fitur audio baru, mulai dari studio buat edit audio sampai fitur serupa Clubhouse.

Nah, kamu tim tetap melihat likes atau mau menghilangkan semuanya aja? (*)

Related Articles
Tech
Instagram dan Facebook Tawarkan Cuan buat Para Kreator Konten, Begini Caranya...

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live

Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang