Sport

Jelang Final Liga Champions, Siang Malam Ederson Asah Tendangan Penalti

Mainmain.id

Posted on May 27th 2021

Ada yang menarik dari kerja ekstra keras kiper Manchester City Ederson menjelang pertarungan melawan Chelsea dalam final Liga Champions di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Minggu dini hari (30/5) WIB.

Di samping memperkuat feeling di bawah mistar gawang, Edersen ternyata melakukan latihan ekstra. Yang menarik, latihan ekstra itu bukan soal posisinya di bawah mistar gawang, melainkan latihan tendangan penalti.

Ederson rupanya tidak main-main. Ia malah menantang rekan-rekannya melakukan tendangan penalti. Latihan itu dilakukan setelah Ederson selesai mengikuti menu latihan wajib.

Ederson bahkan sudah meminta izin kepada pelatih Pep Guardiola agar memberikan jatah kepadanya sebagai satu dari lima penendang pertama bila laga pemungkas itu harus diakhiri dengan adu tendangan dua belas pas.

Yang menarik, permintaan kiper asal Brasil  itu mendapatkan garansi sang pelatih. Artinya, Ederson akan menjadi salah seorang algojo penalti Manchester City.

Setelah mendapatkan izin atau garansi dari pelatih, Ederson lantas menghubungi jurnalis TNT Sprts di Brasil. ''Hei, saya sudah mendapatkan jaminan dari pelatih untuk menjadi salah satu pengambil tendangan penalti. Pokoknya, apabila pertandingan dilanjutkan tendangan penalti, saya akan menjadi orang kelima atau orang terakhir yang mengambil tendangan itu. Saya sudah sangat siap,'' sebut Ederson yang dulu pernah merumput di Porto sebelum bergabung dengan Manchester City.

Selama ini Ederson memang sengaja berlatih khusus untuk dua hal di luar latihan wajibnya sebagai penjaga gawang, yaitu melakukan tendangan penalti dan tendangan bebas. Namun, ia yakin tidak akan mendapatkan izin dari pelatih untuk mengambil tendangan bebas.

”Oleh karena itu, saya tidak melatih banyak tendangan bebas. Saya melatih tendangan penalti dan ketika saya bermain untuk Riberao (salah satu klub divisi satu di Sao Paulo, Red), saya melakukan beberapa tendangan bebas, tetapi itu sudah berlalu sekarang. Saya adalah pengambil penalti terbaik, tetapi saya tidak dipilih untuk mengalahkan lawan,'' ucap Ederson lagi seperti dikutip The Daily Mail Rabu (26/5).

Kiper cadangan Scott Carson mengungkapkan, Ederson telah menjadi salah seorang pemain yang berlatih penalti mereka dalam persiapan untuk pertandingan tersebut.

Menurut Carson, Ederson sudah kerap kali memperdaya penjaga gawang City yang lain, Steffen Zack. ''Bola tendangan bebas Ederson kerap meluncur menghujam gawang saya. Ia juga kerap menendang penalti dengan tipu muslihat yang sempurna. Saya tidak ragu bila ia menjadi algojo tendangan penalti,'' ucap Carson.

Menurut penuturan Carson, Ederson bahkan kerap kali bertaruh tendangan penalti melawan kompatriotnya asal Brasil, Fernadinho. Hasilnya, Fernadinho bahkan sering kalah soal akurasi tendangan penaltinya dari Ederson. Asisten pelatih Guardiola juga sudah tahu soal keistimewaan penjaga gawang utama City itu. Pantas saja kalau Pep Guardiola juga tidak keberatan memenuhi permintaan khusus kiper eksentrik tersebut. (Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Jelang Final Liga Champions 2020/2021: Sejarah Berpadu ke Biru Laut

Sport
Tebas Masa Honey Moon Tuchel

Sport
Di Mana Ada Bola, di Situ Ada Kante