Current Issues

Kabar Baik! Setelah Pfizer, Vaksin Covid-19 dari Moderna Aman untuk Remaja

Dwiwa

Posted on May 26th 2021

(Pixabay)

Ada kabar baik lagi nih dari vaksin Covid-19. Sebuah studi terbaru mengungkap jika vaksin Covid-19 buatan Moderna efektif menghentikan penularan virus SARS-Cov-2 pada orang berusia 12 hingga 18 tahun.

Hasil studi ini membuat Moderna menjadi produsen kedua yang mengumumkan kesuksesan uji coba vaksinnya untuk remaja. Pfizer-BioNTech sudah lebih dulu mendapatkan hasil positif dan bahkan telah memperoleh persetujuan darurat untuk remaja 12-15 tahun dari regulator Amerika Serikat, FDA.

Dilansir dari The Guardian hasil dari kedua perusahaan menunjukkan bahwa vaksinasi massal anak sekolah bisa dilakukan mulai tahun ini, dimulai di Amerika Serikat. Secara teori hal ini tentu bisa mengakhiri kecemasan orang tua, siswa, dan guru. Serta memungkinkan sekolah untuk bisa menerapkan kegiatan belajar dan mengajar secara normal.

Seperti Pfizer, Moderna mengatakan vaksinnya 100 persen efektif dalam uji coba pada remaja. Dalam uji coba terhadap 3.700 anak muda -berusia 12-18 tahun- tidak ada kasus gejala Covid-19, pada mereka yang telah menerima dua dosis vaksin. Dari hasil penelitian itu, kemanjuran vaksin tersebut mencapai 93 persen setelah satu dosis.

Moderna menyebut tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan dalam uji coba itu. Sejauh ini hanya nyeri pada lengan, sakit kepala, kelelahan, mialgia dan menggigil. Semua itu muncul setelah dosis kedua. Dalam uji coba ini, semua yang ikut serta akan dipantau selama 12 bulan ke depan untuk memastikan tidak ada efek jangka panjang.

"Kami menyakini bahwa mRNA-1273 sangat efektif mencegah Covid-19 pada remaja. Sangat menarik melihat vaksin Moderna Covid-19 dapat mencegah infeksi SARS_Cov-2,” ujar Stephane Bancel, CEO Moderna.

Selanjutnya, Moderna akan mengirimkan hasil tersebut ke FDA Amerika Serikat dan regulator secara global pada awal Juni untuk meminta otorisasi.(*)

Related Articles
Current Issues
Ahli Sarankan Dua, Meski Satu Dosis Vaksin Pfizer dan Moderna Sudah Efektif

Current Issues
Studi: Kombinasi Vaksin AstraZeneca dan mRNA Covid-19 Efektif Lawan Virus Corona

Current Issues
Varian Delta Picu Lonjakan Kasus, Perlukah Booster Vaksin Covid-19?