Sport

Format Kompetisi Belum Pasti, tapi Persebaya Siap Main di Mana pun

Mainmain.id

Posted on May 26th 2021

Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto menyatakan akan mengeluarkan izin untuk kompetisi musim 2021-2022 pada hari ini. Namun, bagaimana format kompetisi hingga saat ini masih simpang siur. Tak mau ambil pusing, Persebaya melalui pelatih Aji Santoso menyatakan siap bermain di mana pun.

Format Liga 1 musim 2021-2022 memang belum diumumkan secara resmi. Klub hanya bisa meraba-raba dari pernyataan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan selepas rapat koordinasi dengan Kemenpora dan Kepolisian Senin lalu (24/5). Yang pasti seluruh pertandingan Liga 1 akan dipusatkan di Pulau Jawa.

Format kluster atau bubble to bubble yang berhasil diterapkan pada Piala Menpora kemungkinan juga akan digunakan kembali. Seluruh 18 tim Liga 1 disebar di enam Provinsi di Jawa. Setiap tim tetap akan menjalani 34 pertandingan home dan away.

”Saya akan jelaskan nanti stadion yang dipakai mana-mana saja,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Di tengah simpang siurnya format kompetisi, Aji Santoso dan tim Persebaya tetap fokus mempersiapkan diri. Bajol Ijo ingin bertarung dalam perebutan gelar juara. Karena itu, ia menegaskan Persebaya siap untuk bermain di mana saja.

”Apa pun Keputusannya (format), itu diambil dengan pertimbangan matang. Yang jelas saya support saja. Seumpama tim tidak bisa bermain di kota asalnya juga tidak masalah. Lagipula belum boleh ada penonton,” jelas Aji.

Statement pelatih yang pernah menukangi timnas Indonesia tersebut benar adanya, jika berkaca dari hasil di Piala Menpora, Persebaya tidak mengalami masalah ketika terpaksa harus bermain jauh dari Kota Pahlawan. Hanya bermodalkan pemain muda, Persebaya mampu mencapai babak perempat final.

Mundur lebih jauh sedikit, Persebaya memiliki catatan hebat jika harus bermain di luar Surabaya. Piala Gubernur Jatim 2020 dimenangi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Sedangkan saat menjalani empat partai usiran di akhir musim 2019, semua disapu bersih dengan kemenangan.

”Bukan kita suka bermain di luar Surabaya. Tapi saya selalu tekankan pada pemain bahwa bermain sepak bola itu yang terpenting menjaga kualitas permainan,” tandasnya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Aji Santoso Jajal Mantan Pemain Timnas U-22

Sport
Lebih Suka Empat Pemain Asing

Sport
Segera Moncer atau Out