Sport

Siapa Pemenang Liga Europa? MU atau Villarreal?

Mainmain.id

Posted on May 26th 2021

Dua manajer dengan riwayat sukses yang berbeda dalam kompetisi kontinental menyiapkan timnya untuk bertempur di kawasan Eropa Timur. Itu terjadi saat Villarreal menghadapi Manchester United di final Liga Europa. Laga akhir itu dipentaskan di PGE Arena Gdansk Polandia. (Ditayangkan Kamis, 27 Mei 2021 SCTV pukul 02.00).

Villarreal yang berjuluk Kapal Selam Kuning menyingkirkan Arsenal 2-1 di empat besar untuk maju ke  laga pamungkas. Sedangkan Manchester United berhasil melewati adangan AS Roma Italia. Kini, pelatih Ole Gunnar Solskjaer mencari trofi pertama semenjak menjadi penguasa Old Trafford pada Desember 2018.

Villarreal meluncur ke Gdansk setelah kalah 1-2 dari Real Madrid di lanjutan La Liga. Di saat bersamaan, pasukan cadangan Setan Merah menang 2-1 atas Wolves. MU bikin rekor mulus tak pernah kalah dalam laga tandang untuk periodesasi satu musim kompetisi. Wouuw.

Bisakah Ole mempertahankan reputasi tak pernah kalah di luar kandang. Sebab kisah Ole di pentas Eropa sangat lekat dengan nestapa. Semenjak jadi bos MU, ia sempat terkena ''kutukan'' semifinal. Ini kali pertama Ole selamat dari kutukan empat besar itu dalam empat kans.

Dengan rekor dan realitas terakhir, di atas kertas, ini momen MU. Begitu optimistisnya MU sampai-sampai mereka mengajak serta maskotnya Sir Alex Ferguson dan David Gill. Dua sosok ini ikut terlibat secara intens saat MU meraih juara Liga Inggris terakhir pada 2013.

''Semoga semuanya berjalan sesuai rencana. Kami akan bermain dengan cara kami sendiri,'' ucap Ole Gunnar Solksjaer setelah terbang dari Manchester Inggris di kawasan Eropa Utara, menuju ke Gdanks Polandia di Eropa Timur.

Pelatih Villarreal Unai Emery harus berpikir keras. Merebut Liga Europa akan membuahkan hadiah tak terhingga untuk timnya. Artinya, The Yellow Submarine bisa tampil di Liga Champions. Kalau tidak kesampaian, Emery harus rela turun kelas dan membawa pasukannya ke kompetisi kasta ketiga yang baru diluncurkan, Liga Konferensi UEFA atau Liga Konferensi Europa.

Dengan rekor mencengangkan dari 12 menang dan dua imbang dalam 14 laga  Liga Europa, Villarreal mungkin menjadi tim yang tidak diunggulkan menuju final kali ini, tetapi Emery sepertinya memiliki formula rahasia untuk sukses di panggung itu.

Setelah mencapai semifinal kompetisi Liga Eropa tiga kali sebelumnya, Villarreal kini jadi tim Spanyol ke-11 yang berbeda yang memesan tempat di final kontinental. Data menunjukkan, sejarah berpihak ke tim-tim Spanyol ketimbang Inggris.

Selain itu, tim Emery mencetak gol dalam 13 dari 14 duel Liga Europa. Hasil imbang tanpa gol di Emirates jadi satu-satunya pengecualian. Emery juga punya maskot. Maskot itu adalah  Gerard Moreno. Ia sudah  mengemas enam gol dalam enam pertandingan plus empat assists.

''Tujuan kami jelas. Kami ingin membawa pulang piala itu ke Villarreal. Kami datang ke Gdansk di tengah desiran angin pelabuhan kota kami yang asri,'' ucap Unai Emery saat akan meninggalkan Negeri Matador, Selasa pagi (25/5).

MU sudah teruji sebagai tim yang tahan bantingan jadwal  padat. Ole sempat membuat tim sekotanya Manchester City frustrasi. Selama beberapa minggu, MU menahan City untuk mengafirmasi gelar. Ole jelas-jelas begitu serius ingin menenggelamkan Kapal Selam Kuning dari Spanyol ini. Lineup-nya melawan Wolves jadi acuan. Semua pemain kepercayaannya sengaja dipajang di bangku pemain cadangan saja.

Setan Merah sengaja merusak pesta perpisahan Nuno Espirito Santo dari Molineux. Di babak sebelumnya, MU juga sudah menyingkiran dua kompetitor dari Spanyol, yaitu Real Sociedad dan Granada. Dua tim terkenal Italia juga ikut jadi korban. AC Milan dan AS Roma saja tak kuasa menahan sepak terjang Ole.

Solskjaer yang gersang juara harus membawa pulang trofi itu ke Old Trafford. Hanya itulah satu-satunya cara untuk membungkam protes fans terhadap sepak terjang keluarga Glazers -pemilik klub. Ingat, Piala Norwegia 2013 jadi satu-satunya trofi Ole sejauh ini.

Seperti halnya Ole Gunnar Solksjaer yang sengaja membawa kapten tim Harry Maguire yang tengah cedera, Unai Emery juga ikut-ikutan mengajak striker  Samuel Chukwueze yang sekarat ke Polandia.(Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Biar Rebut Piala Liga Europa, MU Beri Bruno Vitamin Khusus

Sport
Liga Europa 2020/2021: Nyanyian Sunyi Ole Gunnar Solskjaer

Sport
Pembuktian Kapasitas Emery