Sport

Kiprah ASEAN di Asian Games 2018!

Fikri Indra Mualim

Posted on September 4th 2018

Penutupan Asian Games 2018 jadi salah satu yang temegah dalam sejarah. (hitekno.com)

 

Tidak hanya Indonesia  sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang memberikan prestasi membanggakan, entah karena perolehan medali yang jauh melesat ataupun karena pelaksanaan perhelatan empat tahunan ini yang boleh dikatakan sangat meriah dengan antusiasme tinggi dari masyarakatnya sendiri. Tapi hasil membanggakan juga diraih oleh negara-negara tetangga kita di kawasan Asia Tenggara. Para negara ASEAN yang berlaga juga telah mencurahkan kemampuan terbaik mereka hingga titik penghabisan. Sebagai tetangga yang baik pastinya kita juga harus mengapresiasi hal tersebut dong!
 
 
Sebut saja Thailand dan Malaysia yang berhasil menembus peringkat 15 besar perolehan medali. Thailand berada di posisi 12 dengan 11 medali emas. Sedangkan Malaysia yang memeroleh total 36 medali dengan 7 medali emas diantaranya telah mengokohkan mereka di posisi 14. Sementara itu berturut di peringkat 17-19 tercantum nama Vietnam, Singapura, dan Filipina dengan masing-masing 4 medali emas. Kamboja mengikuti di peringkat 24 dengan 2 medali emas yang sekaligus memecahkan rekor mereka yang hanya membawa pulang 1 medali emas dari Incheon pada 2014 lalu. Laos yang berada di peringkat 31 hanya dapat membawa 5 medali tanpa medali emas, sedangkan 2 perunggu milik Myanmar menempatkan mereka di posisi 36.
 
Nasib kurang baik dialami oleh dua negara terdekat Indonesia, Brunei dan Timor Leste yang harus bersabar pada Asian Games kali ini tanpa perolehan medali bersama dengan tujuh negara lain yang bernasib sama. Sedangkan Indonesia berhasil menjadi yangn terbaik se-ASEAN dengan 31 medali emas dan berada di posisi 4. Well, semoga kawasan Asia Tenggara ini bisa menyaingi dominasi dari kawasan lain khususnya Asia Timur yang dipilari oleh China dan Jepang. Keep the good work, ASEAN!
Artikel Terkait
Sport
Studi: Ternyata Atlet Esport Lebih "Sehat" Dibanding Populasi Umum

Sport
Pevi Permana Resmi Gantung Papan Skate

Sport
Deras Pujian Mochammad Supriadi Sang Pahlawan Tim Garuda Select