Entertainment

Penjelasan Ending ‘Army of the Dead’, Gimana Nasib Vanderohe?

Jingga Irawan

Posted on May 23rd 2021

Omari Hardwick ketika berperan menjadi 'Vanderohe' credit: Netflix

Dirilis di Netflix pada 21 Mei 2021, Army of the Dead  mengisahkan tentang pencurian ratusan juta dolar di kasino besar di kota Las Vegas oleh kelompok bersenjata lengkap. Sebagian besar adalah bekas tentara terlatih. Konsep pencuriannya cukup sederhana. Mereka pergi ke lokasi brankas, ambil uangnya, kemudian langsung cabut. Simple kan?

Yang jadi masalah adalah saat itu Las Vegas sedang dilanda Pandemi Zombie. So.. yup! Para pasukan ulung ini nggak bertarung melawan polisi atau penjaga keamanan lainnya ketika mengambil uang dari brankas. Melainkan harus berhasil lolos dari kejaran berbagai jenis zombie. Mulai dari zombie manusia, zombie harimau sampai zombie kuda gengs.

Akhir dari film karya Zack Snyder tersebut mengungkapkan bahwa Vanderohe (Omari Hardwick) -salah satu pasukan Army of the Dead- telah tergigit zombie. Ia baru menyadari ketika berada di pesawat pribadi saat hendak menuju Mexico City. Vanderohe berdiri di depan cermin sembari memeriksa seluruh bagian tubuhnya. Namun, film berakhir sebelum Vanderohe berubah menjadi zombie. Lantas, gimana ya nasibnya?

Siapa yang Menggigit Vanderohe?

Vanderohe dan Kate (Emma Purnell) adalah dua orang yang selamat dari serangan zombie serta ledakan nuklir.

Kate selamat karena berhasil melarikan diri, namun helikopternya mengalami kecelakaan dan menewaskan ayahnya, Scott. Kemungkinan, ia melanjutkan hidup sebagai seorang volunteer anak-anak. Sementara, Vanderohe berhasil mengunci diri di lemari besi saat Pemerintah AS menjatuhkan nuklir. Dan ia bisa keluar dengan selamat dari lemari besi tersebut.

Selama 2 jam 28 menit film diputar nggak ada tanda-tanda Vanderhore tergigit zombie. Asumsinya adalah semua zombie terbunuh oleh serangan nuklir, jadi nggak ada yang hidup untuk menggigit Vanderohe ketika dia melarikan diri dari lemari besi. Maka momen gigitannya mungkin ketika dia dan Ludwig Dieter (Matthias Schweighöfer) berada di lemari besi.

Atau bisa jadi ketika Vanderohe membawa zombie saat menuruni lift, yang digunakan untuk memancing jebakan di lemari besi. Namun, zombie-zombie yang ia bawa berhasil dikalahkan, sementara tidak ada bekas gigitan yang terlihat. Ini memunculkan keyakinan bahwa Zeus (Richard Cetrone) sendirilah yang menggigit Vanderohe.

Akan tetapi, seluruh adegan pertarungan ditampilkan seutuhnya dan tidak ada tanda yang jelas bahwa Vanderohe digigit oleh Zeus.

Apakah Vanderohe Raja Zombie Baru?

Dengan Vanderohe berhasil keluar dari Las Vegas, dan memiliki cukup uang untuk menjalani hidup kaya raya di Mexico City, maka temuan gigitan zombie meninggalkan pertanyaan besar tentang langkah apa yang akan dia putuskan. Apakah dia akan bunuh diri? Kalau nggak, akankah ada Army of the Dead 2?

We don’t know that.

Anehnya, Vanderohe bertahan cukup lama tanpa berubah menjadi zombie. Ketika Scott digigit, dia langsung berubah ganas. Tetapi Vanderohe berhasil melewati ledakan nuklir dan kemudian sampai ke bandara serta berinteraksi dengan banyak orang.

Jika Vanderohe benar-benar menjadi zombie dan digigit oleh Zeus, maka dia akan berubah menjadi seorang Alpha. Bisa dikatakan, dia bisa menjadi zombie yang lebih ganas dari jenis Alpha. Vanderohe tidak hanya digigit oleh raja zombie, tetapi dia juga terkena radiasi dari ledakan nuklir begitu dia lolos dari lemari besi. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Visual ‘Army of the Dead’ Oke, Tapi Plotnya Mudah Ditebak

Entertainment
Bukan Film Zombie Biasa, Ini Detail Penting dari Trailer ‘Army of the Dead’

Entertainment
Pasukan ‘Army of the Dead’ Siap Melawan Zombie, Yuk Kenalan dengan Karakternya!