Entertainment

Lil Nas X Rilis 'Sun Goes Down', Flash Back ke Diri Masa Lalu yang Kesepian

Kali ini lagu dan video musiknya sederhana dan menyentuh.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 22nd 2021


(Foto: Twitter @LilNasX)

Lil Nas X kembali dengan vibes yang berbeda di lagu Sun Goes Down. Dirilis, Jumat (21/5) lalu, lagu ini merangkum masa-masa sulit yang ia alami ketika SMA, momen saat ia kesepian dan denial dengan jati dirinya sendiri.

“I wanna run away / Don't wanna lie, I don't want a life / Send me a gun and I'll see the sun,” ujar penyanyi kelahiran 22 tahun lalu itu di bagian chorus. Yup, bagian chorus lagu ini memang menggambarkan kondisi saat penyanyi satu ini dihantui suicidal thoughts.

“It's hard for you when you're fightin' / And nobody knows it when you're silent,” lanjutnya di bagian verse. Sebelumnya penyanyi bernama asli Montero Lamar Hill ini menyebut bahwa ia sempat berusaha menyangkal seksualitasnya sendiri di masa SMA dan struggle-nya itu membuat ia benar-benar merasa kesepian.


(Foto: YouTube Lil Nas X)

Melengkapi liriknya yang relatable, video musik Sun Goes Down juga bikin mood jadi campur aduk. Lil Nas X mengawali video dengan gaya seperti pertapa, lalu memilih-milih momen hidup yang ingin ia lihat. Sekilas ada video musik Panini, tapi ia memilih ketika ia masih SMA dan bekerja untuk pertama kalinya di Taco Bell.

Pelantun Montero ini gak punya banyak teman saat itu, kebanyakan waktunya ia habiskan di dunia maya untuk nge-fans sama Nicki Minaj. Tiba-tiba dia lihat ada pengumuman prom night dan dia datang, tapi sempat menangis di toilet sekolah karena semua orang hadir sama pacar.


(Foto: YouTube Lil Nas X)

Sosok Lil Nas X dari masa depan terlihat menenangkan Lil Nas X versi SMA, sampai akhirnya ia bisa bersenang-senang walaupun sendirian. Pas banget sama lirik bagian post-chorus, “I know that you want to cry / But it's much more to life than dying.”

“Estetika visualku selalu berganti. Namun, tema utamanya tetap surealisme atau futurisme. Aku suka banget memadukan realitas dengan imajinasi,” ujarnya pada Rolling Stone. “Namun, [untuk video musik] Sun Goes Down, aku menjaganya di batas minimum karena aku mau hasilnya terlihat benar-benar nyata.”


(Foto: YouTube Lil Nas X)

“Kamu bisa melihatku di posisi meditasi, pas aku ada di dunia serbaungu di mana momen masa lalu sekaligus masa depan ada di satu tempat yang sama. Aku mengunjungi diriku di masa lalu, berusaha menguatkannya,” lanjutnya.

Di luar itu, penyanyi satu ini sedang menyiapkan album bertajuk Montero dan berharap Rihanna dan Bad Bunny mau diajak kolaborasi. Saat Grammy Awards tahun lalu, ia mengungkapkan sempat iri sama Billie Eilish karena gagal mendapatkan penghargaan Record of the Year. Nah, kamu sudah menonton video musik lagu baru Lil Nas X ini belum? Yuk, stream! (*)

 
Related Articles
Entertainment
Lil Nas X Rilis Trailer Album Debut ‘Montero’, Berasa Nonton Film Marvel

Entertainment
Lil Nas X Rilis Lagu Baru ‘Industry Baby’, Beri Pesan Manis buat Diri Masa Lalu

Entertainment
Lil Nas X Umumkan Album Debut ‘Montero’ dengan Trailer Sinematis (Lagi)