Sport

Pelatih Persebaya Fokus Kembalikan Kondisi Fisik Pemain

Mainmain.id

Posted on May 21st 2021

 

PERSIAPAN Persebaya kurang optimal setelah gelaran Piala Menpora. Banyak waktu terpotong untuk libur awal Ramadan dan Idulfitri. Oleh karena itu, Aji Santoso mengebut persiapan menjelang kompetisi setelah Lebaran. Salah satunya dengan menggembleng fisik pemain.

Penggawa Bajol Ijo menghabiskan banyak waktu dengan latihan mandiri selama sebulan ke belakang. Sebab, Persebaya hanya menggelar latihan selama tujuh hari pada bulan suci Ramadan.

"Pasti ada penurunan, karena latihan mandiri kan intensitasnya gak setinggi latihan tim. Ditambah kan kemarin masih puasa. Jadi, ya pasti turun kondisi mereka," beber Aji Santoso.

Pelatih Persebaya tersebut menargetkan dalam jangka waktu dua minggu kondisi fisik pemain sudah mendekati 100 persen. Karena itu, ia akan meningkatkan intensitas latihan dalam beberapa hari ke depan. Aji bakal menambah porsi conditioning training guna mengejar target yang ia tetapkan. Bleep test juga dipersiapkan sebagai parameter untuk menilai kesiapan fisik pemain.

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan ia akan menggelar dua kali latihan dalam satu hari. Seperti halnya yang dilakukan kemarin. Oktafianus Fernando dkk menjalani latihan indoor di salah satu pusat kebugaran di Surabaya.

"Anak-anak memasuki peningkatan intensitas latihan tahap awal. Besok (hari ini, 21/5) kita akan berlatih fitness di gym. Sorenya kita tetap latihan. Dan Senin kita adakan tes VO2 max," ungkap sosok yang membawa Persebaya juara musim 1997/1998 tersebut.

Sementara itu, Aji juga merasa terbantu dengan kondisi Arif Satria yang baru mengikuti latihan. Bek Bajol Ijo itu baru tiba di Surabaya pada Rabu pagi (20/5) dan langsung bergabung pada latihan yang digelar di lapangan Jenggolo, Sidoarjo.

Aji menilai kondisi fisik Arif cukup bagus karena mengikuti pemusatan latihan bersama timnas selama sepuluh hari. Bahkan, hingga H-1 Lebaran, Arif masih berlatih saat penggawa Persebaya lainnya sudah memasuki jadwal libur. Dengan demikian, tidak ada kesulitan berarti untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

"Kondisi Arif sudah bagus. Cuma perlu hati-hati biar tidak cedera lagi. Tadi (kemarin) makanya saya pesan jangan terlalu dipaksakan, biar intensitas latihan naik pelan-pelan dan tidak bikin kambuh cederanya," tandas Aji.

Satu-satunya pemain yang dipastikan menepi hanya Rendi Irwan. Gelandang pemilik nomor punggung 12 tersebut mengalami cedera engkel dan dipastikan tidak akan mengikuti bleep test. Menurut dokter tim Persebaya, Rendi membutuhkan istirahat hingga 10 hari ke depan agar cederanya sembuh total. (Gunawan Sutanto/Harian Disway) 

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id) 

Artikel Terkait
Sport
Segera Moncer atau Out

Sport
Persebaya Segera Kedatangan Dua Pemain Asing

Sport
Persebaya Latihan Perdana Sore Ini