Tech

Setelah 25 Tahun Berjalan, Internet Explorer Akhirnya Pensiun di 2022

Selamat tinggal Internet Explorer.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 20th 2021


Meme Internet Explorer

Sederet meme betapa lambatnya browser Internet Explorer (IE) akhirnya menemui akhir juga. Microsoft mengumumkan akan menonaktifkan browser satu ini pada 15 Juni 2022 mendatang. Keputusan ini diambil setelah lebih dari 25 tahun IE berusaha jadi pilihan peselancar internet.

"Kami mengumumkan Internet Explorer di Windows 10 adalah Microsoft Edge. Aplikasi Internet Explorer 11 akan pensiun dan tidak didukung lagi pada 15 Juni 2022 untuk beberapa versi Windows 10," ujar Sean Lyndersay, manajer program Microsoft Edge.

Dari pernyataan resmi tersebut, Microsoft menyebut pengganti dari Internet Explorer adalah Microsoft Edge. Alasan yang melatarbelakangi keputusan besar ini adalah Edge disebut lebih cepat, aman, dan memberikan pengalaman browsing yang lebih modern. Welluser interface Internet Explorer memang terlihat vintage banget sih.


(Ilustrasi: Safely Endangered)

Ditambah lagi, Edge sudah dibekali kemampuan untuk masuk ke mode Internet Explorer (IE) untuk mengakses web atau aplikasi yang berumur. Bisa dibilang Microsoft bikin pengguna IE gak punya alasan lagi untuk nggak ganti ke Edge. Dilansir dari The Verge, Mode IE ini masih akan tersedia sampai setidaknya tahun 2029. Sebabm ternyata masih banyak bisnis yang memanfaatkan Internet Explorer untuk pekerjaan mereka. Wow.

Sebenarnya rencana menonaktifkan Internet Explorer ini sudah lama tercium. Terlebih sejak Microsoft memutus dukungan ke browser IE untuk mengakses aplikasi web Microsoft Teams. Tahun ini layanan Microsoft 365 (Office 365, OneDrive, Outlook, dan lain-lain) juga direncanakan tidak bisa diakses lagi dari browser tersebut.

Kalau kamu masih punya aplikasi Internet Explorer, masih bisa dibuka kok. Namun, Microsoft menampilkan pop-up untuk mendorong kita ganti ke Edge. Kalau coba buka web seperti Instagram, kita akan langsung dipindahkan secara paksa ke Edge dengan imbauan selalu menggunakan Edge daripada IE.(*)

Related Articles
Tech
Microsoft Minta Pengguna Stop Pakai Internet Explorer, Karena Akan Pensiun

Tech
Bosan Pakai Chrome? Coba 8 Browser Alternatif Ini

Tech
Disebut Sebagai Masa Depan Internet, Apa Itu Metaverse?