Sport

Akhir Penantian Karim Benzema Kembali ke Timnas Prancis

Mainmain.id

Posted on May 20th 2021

KARIM Benzema kembali ke tim nasional Prancis. Namanya tercantum dalam daftar 26 penggawa Les Bleus yang diproyeksikan untuk tampil di Euro 2020 pada 11 Juni–11 Juli 2021. Pemanggilan oleh pelatih Didier Deschamps itu sekaligus mengakhiri penantian Benzema selama hampir enam tahun. Ia kali terakhir memperkuat Prancis pada Oktober 2015. 

Benzema adalah salah seorang penyerang terbaik yang pernah dimiliki Prancis. Ia meraih sukses bersama Madrid dengan koleksi empat gelar Liga Champions dan empat titel Piala Dunia Antarklub. Selain itu, Benzema berhasil mengantarkan tim berjuluk Los Blancos meraih 3 gelar La Liga, 2 trofi Copa del Rey, dan 2 Supercopa de Espana.

Tak hanya moncer ketika di Madrid, Benzema juga bergelimang gelar semasa memperkuat Olympique Lyon. Ia mengantarkan tim asal kampung halamannya itu meraih empat gelar Ligue 1 secara beruntun. Mulai musim 2004 hingga 2008. Sayang, prestasi gemilangnya di level klub tidak menular saat ia memperkuat tim nasional Prancis. Ia justru terkenal sebagai pemain kontroversial.

Benzema ditangkap polisi pada November 2015 dengan tuduhan pememerasan terhadap sesama pemain Prancis, Mathieu Valbuena. Sejak saat itu namanya di-blacklist dari tim nasional Prancis. Namanya dicoret dari daftar skuad Prancis di Euro 2016 dan di Piala Dunia 2018. Selama periode kelamnya itu, Benzema justru kian bersinar di Madrid dan membawa timnya meraih tiga gelar Liga Champions.

Sebenarnya, Benzema sudah memohon agar diberi kesempatan untuk membela Prancis lagi pada 2019. Tapi, upayanya tersebut tidak digubris Presiden FFF Noel Le Graet. Penantian Benzema berakhir tahun ini seusai Deschamps membawanya ke Euro 2020. Begitu senangnya Benzema. Ia meluapkan perasaannya di akun media sosial pribadinya.

"Sangat bangga karena saya telah kembali ke tim Prancis dan atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Terima kasih untuk keluarga saya, teman-teman, klub, dan untuk semua orang yang selalu mendukung saya dan memberi saya kekuatan setiap hari," tulis penyerang 33 tahun tersebut.

Benzema memang layak untuk membela Prancis di Euro nanti. Ia tampil bagus musim ini dengan mencetak total 29 gol di semua kompetisi. Benzema adalah tumpuan gol tim polesan Zinedine Zidane tersebut. Berbicara di TF1, Deschamps membahas keputusannya untuk menarik kembali Benzema. Ia mengaku sudah bertemu dan berbicara panjang lebar dengan sang pemain.

"Saya butuh obrolan ini dan ia butuh obrolan ini. Saya tidak ingin membuat ini menjadi kasus khusus. Sebagai kepala pelatih di tim nasional, saya selalu memperhatikan kasus pribadi saya. Tanggung jawab saya penting, tetapi itu lebih besar dari saya," jelas Deschamps.

Mantan penggawa Juventus itu mengaku tidak khawatir dengan adaptasi Benzema meski ia sudah enam tahun tidak berada di tim nasional. Menurut Deschamps, dengan kualitas, kecerdasan, dan bakat seorang Benzema, ia bisa dengan mudah tune-in dengan Kylian Mbappe dan kawan-kawan. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Penjaga Gawang: Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), Steve Mandanda (Marseille), Mike Maignan (Lille)

Bek: Leo Dubois (Lyon), Benjamin Pavard (Bayern Munich), Kurt Zouma (Chelsea), Raphael Varane (Real Madrid), Clément Lenglet (Barcelona), Presnel Kimpembe (PSG), Lucas Digne (Everton), Lucas Hernandez (Bayern Munich), Jules Koundé (Sevilla)

Gelandang: Corentin Tolisso (Bayern Munich), N’Golo Kante (Chelsea), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Juventus), Moussa Sissoko (Tottenham)

Penyerang: Karim Benzema (Real Madrid), Olivier Giroud (Chelsea), Kylian Mbappe (PSG), Wissam Ben Yedder (Monaco), Kingsley Coman (Bayern Munich), Ousmane Dembele (Barcelona), Antoine Griezmann (Barcelona), Thomas Lemar (Atletico Madrid), Marcus Thuram (Borussia Moenchengladbach)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)


Daftar Pemain Prancis untuk Euro 2020
Artikel Terkait
Sport
Cedera Lutut Bisa Anulir Karim Benzema dari EURO 2020

Sport
Euro 2020, Siapa Tak Keder Berhadapan dengan Prancis

Sport
Lho... Lho...Wayne Rooney Jagokan Prancis