Tech

Google Rilis Android 12 Versi Beta, Begini Cara Unduh dan Pasangnya

Dwiwa

Posted on May 19th 2021

(Google)

Ada kabar gembira nih bagi yang sudah penasaran ingin mencoba Android 12. Pasalnya, dalam acara Google I/O yang berlangsung Rabu (19/5) dini hari, versi beta publik pertama dari Android 12 akhirnya bisa digunakan oleh perangkat apapun yang kompatibel.

Dilansir dari Cnet, bagi yang cukup berani untuk mencoba versi awal ini, Android 12 beta menyertakan sejumlah fitur menarik. Seperti kontrol privasi yang ditingkatkan. Hingga antarmuka adaptif yang dapat mengubah warna tampilan ponsel sesuai dengan wallpaper. Perangkat Android juga akan bekerja lebih baik dengan perangkat lain seperti Chromebooks dan Android TV.

Nah, jika kalian termasuk yang siap membantu Google menguji coba sistem operasi Android terbarunya, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang bagaimana mendapatkan Android 12 di gawai kalian.

Seperti biasa, ponsel Pixel menjadi yang pertama mendapat Android 12 beta publik. Mulai dari Pixel 5, Pixel 4a, Pixel 4a (5G), Pixel 4, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL akan bisa menikmati sistem operasi baru ini.

Google mengatakan jika ada beberapa pembuat gawai lain yang juga akan mengambil bagian dalam Android 12 beta. Dalam pengumumannya, OnePlus, ZTE, TCL, Oppo, RealMe, Sharp, Tecno, Vivi, Xiaomi, dan Asus juga akan mendapatkan Android 12.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mengunduh dan memasang sistem operasi baru ini di gawai? Bagi pengguna Pixel, kalian bisa langsung berkunjung ke situs Program Android Beta.

Masuk ke situs degan menggunakan akun Google yang sama dengan yang dipakai ponsel. Google akan memberi kalian beberapa peringatan tentang penggunaan sistem operasi beta. Baca seluruhnya dan setujui jika sudah selesai.

Di bagian bawah halaman akan ada daftar ponsel yang ditautkan ke akun kalian yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam versi beta. Klik tombol Opt-In pada ponsel yang ingin kalian daftarkan dalam program. Terima syarat dan ketentuan lalu klik Konfirmasi dan Daftarkan ketika sudah selesai.

Kemudian, ambil ponsel dan buka pengaturan > Sistem > Lanjutan > Pembaruan Sistem > Periksa Pembaruan. Ponsel kalian mungkin butuh beberapa menit untuk menampilkan pembaruan, jadi jika kalian tidak melihatnya dalam percobaan pertama, tunggu beberapa menit dan ulangi lagi.

Saat pembaruan sudah muncul, kalian tinggal memasangnya seperti biasa. Tetapi kali ini, saat ponsel melakukan boot ulang, gawai kalian akan menjalankan versi uji awal Android 12.

Sementara bagi pemilik ponsel non Pixel, situs web pengembang Google telah membuat situs satu atap yang termasuk tautan langsung ke petunjuk untuk setiap mitra perangkat keras yang mengambil bagian dalam program beta.

Kalau seandainya merasa tidak cocok dengan sistem operasi ini, bisa keluar nggak sih? Bisa kok. Caranya pun tidak terlalu sulit. Hanya saja, untuk bisa kembali ke Android 11 kalian harus menyetel ulang ke setelan pabrik.

Bukan masalah besar sih. Pasalnya kalian bisa menggunakan cadangan data sebelumnya untuk mengembalikan ponsel ke bentuk Android 11. Tetapi tentu saja ada kemungkinan beberapa data akan hilang selama proses tersebut.

Untuk keluar dari sistem operasi baru ini, kalian perlu mengunjungi situs Android Beta lagi. Bedanya, kali ini kalian mengklik tombol Opt-Out di bawah perangkat kalian. Tunggu beberapa menit dan periksa lagi pembaruan sistem di ponsel.

Setelah itu, install pembaruan ini, yang akan mengembalikan ponsel ke setelan pabrikan. Ketika semua selesai, kalian perlu mengatur telepon kembali, dimulai dengan masuk ke akun Google.

Nah, bagaimana, kalian tertarik untuk mencoba versi beta atau menunggu versi resminya rilis? (*)

Related Articles
Tech
Fitur Baru DuckDuckGo Bisa Cegah Aplikasi Lacak Data Penggunan Android

Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!