Tech

Apple Resmi Umumkan Hadirnya Audio Lossless Hingga Dolby Atmos

Jingga Irawan

Posted on May 18th 2021

Apple Music bakal memiliki dua pembaruan fitur pada Juni mendatang. Dilansir dari The Verge, Selasa (18/5), pembaruan tersebut meliputi hadirnya audio lossless dan audio spasial lewat Dolby Atmos. Menariknya lagi, fitur tersebut akan tersedia secara gratis untuk semua pelanggan.

Apple bakal memiliki 75 juta lagu audio lossless dalam daftarnya pada akhir tahun. Sedangkan ditahap permulaan ini akan hadir 20 juta lagu audio lossless.

Berdasarkan pernyataan Apple kepada The Verge, audio lossless eksklusif untuk Apple Music dan hanya untuk langganan. Perusahaan tidak menawarkan pembelian musik dalam kualitas lossless, juga tidak menyediakan layanan mengupgrade lagu yang dimiliki menjadi lossless dengan iTunes Match berbayar.

Untuk menyalakan audio lossless, pelanggan harus menjalankan Apple Music versi terbaru. Kemudian masuk ke Pengaturan> Musik> Kualitas Audio. Di sana, pengguna dapat memilih resolusi yang berbeda dari berbagai koneksi, seperti data seluler, Wi-Fi, atau untuk download.

Tingkat audio Apple Music dimulai dari kualitas CD, yaitu 16 bit pada 44,1 kHz (kilogertz), naik hingga 24 bit pada 48 kHz seperti aslinya di perangkat Apple. Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan High-Resolution Lossless, dapat memilih 24 bit pada 192 kHz. Namun, untuk audio lossless dengan kualitas tertinggi, pelanggan perlu peralatan eksternal seperti DAC untuk menikmatinya

Apple menggunakan ALAC (Apple Lossless Audio Codec) untuk mempertahankan file audio asli. Artinya, pelanggan Apple Music akan dapat mendengar setiap suara sama persis dengan yang dibuat artis di studio.

Apple juga menyediakan audio spasial melalui support Dolby Atmos bagi para pendengar setia Apple Music. Audio spasial juga dapat diputar melalui speaker internal pada versi terbaru iPhone, iPad, dan Mac secara default. Untuk menyalakannya, pengguna harus masuk ke Pengaturan> Musik> Audio dan mengatur Dolby Atmos menjadi "Selalu Aktif".

Audio spasial akan kompatibel dengan sebagian besar perangkat Apple yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Apple TV 4K yang terhubung ke TV.

Audio lossless sekarang menjadi standar di seluruh aplikasi streaming musik terbesar. Selain Apple, Amazon baru saja mengumumkan bahwa mereka juga membuat Amazon Music HD tersedia secara gratis untuk pelanggan Amazon Music Unlimited. Dan, Spotify berencana untuk meluncurkan tingkatan HiFi akhir tahun ini.(*)

Related Articles
Tech
Masuki Industri Gaming, Apple Mulai "Sisihkan" Pesaingnya di App Store

Tech
Apple Punya Paten Teknologi Group Selfie untuk Protokol Physical Distancing

Tech
Apple Tambah 200+ Emoji di Update iOS 14.5, Ada Emoji Hati Terbakar dan Diperban