Korea

First Impression Spring Camp: Curhat Jae-hyun di Perkemahan Musim Semi

Mainmain.id

Posted on May 18th 2021

Buat Na Young-seok, apa saja bisa dijadikan konten variety show. Asal para member-nya sudah ia kenal baik. Dalam empat episode pertama Spring Camp, Kang Ho-dong dkk sebenarnya tidak ngapa-ngapain. Tapi kok tetap bikin ngakak ya? 

---

BELUM ada konfirmasi soal musim baru New Journey to the West (NJTTW) tahun ini. Namun, fans tenang-tenang saja. Sebab, mereka tetap dipuaskan oleh spin off berjudul Spring Camp. Variety show tersebut menjadi konten orisinal TVING, dan di Indonesia bisa disaksikan melalui Viu mulai Minggu lalu (9/5).

Sebagaimana judulnya, Na PD—sapaan buat producing director Na Young-seok—mengajak keenam member NJTTW berkemah. Pada akhir Maret lalu. Ketika es baru mencair. Dan musim semi baru menyapa. Mereka adalah Kang Ho-dong, Lee Su-geun, Eun Ji-won, Cho Kyuhyun, P.O, dan MINO.

Plus ada satu member lagi. Yang kemunculan sejenaknya di teaser dua pekan lalu sudah membikin fans superheboh. Yakni, Ahn Jae-hyun. Ia merupakan anggota tetap NJTTW sejak musim kedua. Namun ia hiatus selama dua tahun. Dan absen dari musim ketujuh dan delapan. Spring Camp menjadi comeback show aktor 32 tahun tersebut.

Lalu, apa yang bisa diharapkan dari serombongan selebriti yang tidak pernah berkemah, tiba-tiba harus berkemah? Banyak! Segala kelucuan justru terjadi karena mereka tidak pernah merasakan ketidaknyamanan hidup di alam bebas.

Pada episode 0, Na PD membagi mereka menjadi dua kelompok. Yakni Old Boys (OB), alias Bocah Tua, yang terdiri dari Ho-dong, Su-geun, dan Ji-won. Lalu yang kedua adalah Young Boys (YB), alias Anak Muda. Yakni Kyuhyun, P.O, dan MINO. Ji-won menjadi kapten tim OB. Sedangkan MINO, setelah menolak habis-habisan, terpaksa menerima jadi kapten YB.

’’Kamu kan enggak lagi ngapa-ngapain sekarang. Waktumu selow, kan?’’ Kyuhyun menuntut, seperti yang tampak dalam episode pembuka tersebut. Tim produksi dengan jahil menuliskan subtitle jadwal dua member tim YB yang lain. P.O: syuting serial Mouse dan Amazing Saturday. Kyuhyun: dua acara variety show, tampil di drama musikal, comeback Super Junior.

Sedangkan jadwal MINO: FREE.

Member Winner itu tidak bisa mengelak lagi. Masalahnya, jabatan kapten hanya penghalusan dari peran pesuruh. Ia yang harus menyiapkan segala keperluan camping. Mulai dari membeli tenda, sleeping bag, perlengkapan memasak, hingga berbelanja bahan makanan.

Namanya juga idol yang biasa hidup nyaman—dan bujet tak terbatas, baik Ji-won maupun MINO mempersiapkan segalanya denngan sangat ekstra. MINO bahkan memesan kompor custom. Yang bertulisan nama marga tim YB. Ahasil, perlengkapan yang ia bawa nyaris tidak muat dalam van besar yang disewa khusus. Melebihi orang pindah rumah…

Tawa dan Tangis yang Menular

Kedua kelompok itu berkemah di lokasi yang berbeda. Tim OB dipilihkan lokasi di tepi sungai yang indah. Sedangkan tim YB di kaki gunung. Sejak awal, kondisi sudah chaos waktu mereka mendirikan tenda. Baik di tim OB maupun YB tidak ada yang berpengalaman kemping. Gara-gara angin kencang, sarung selimut tim OB bahkan sempat terbang masuk ke sungai.

Ungkapan bahwa di gunung kita bisa mengetahui karakter asli seseorang, ternyata benar adanya. Proses membangun tenda di tim YB tidak kalah berantakan. Namun, MINO dan PO ternyata bisa mengatasinya. Sementara Kyuhyun, yang biasanya paling tenang, malah gampang frustrasi. Daripada ia meledak, kedua member yang lebih muda menyuruh Kyuhyun menyiapkan makan siang.

’’Dan ternyata menggoreng dumpling pun aku nggak becus,’’ keluh Kyuhyun, ketika bentuk dumpling di wajan tak seperti yang ia harapkan. ’’Waktu aku berlatih di rumah bentuknya bagus, lho,’’ imbuh maknae (anggota termuda) Super Junior itu. Saking kesalnya, Kyuhyun bahkan enggan tersenyum waktu difoto oleh P.O.

Kyuhyun tak bisa tidak tersenyum ketika tiba-tiba Ahn Jae-hyun muncul. P.O dan MINO terbelalak melihatnya. Sementara Kyuhyun melongo. Mereka lantas bergiliran memeluk member yang hilang tersebut. Mata Jae-hyun tidak hanya mencerminkan kebahagiaan. Tapi juga lega luar biasa. Karena bisa kembali dengan circle yang ia sayangi. Yang membuat ia nyaman. Ketika P.O dan MINO berkaca-kaca, kita seperti turut merasakan kerinduan mereka.

Spring Camp jelas bukan variety show baru yang menyajikan konsep kemping. Yang mirip-mirip itu ada Gamsung Camping dan House on Wheels. Namun, tentu jadi berbeda ketika ditangani Na PD. Apalagi jajaran cast-nya sangat legendaris. Ada tiga member yang telah bersama sejak 2007 (Ho-dong, Su-geun, dan Ji-won kali pertama bersatu di 2 Days & 1 Night musim perdana). Sementara Kyuhyun dan MINO gabung di keluarga NJTTW sejak 2017.

Chemistry mereka tidak ada yang mengalahkan. Ibaratnya, tanpa harus main game atau gimmick pun, mereka sudah bisa bikin penonton tertawa. Ada satu adegan ketika ketiga tim OB ngakak. Tak henti-henti. Lama sekali. Penonton tak bisa menahan tertawa juga. Tiba-tiba, stop! Mereka diam. ’’Kita harus profesional,’’ kata Ho-dong. Ternyata mereka tertawa demi foto poster.   

Tim YB tidak seceria itu. Namun aktivitas mereka tak kalah seru. Setelah Kyuhyun ngambek, P.O lantas memanggang babat untuk mereka berempat. Dilanjutkan minum-minum. Dan saat kepala lebih ringan, Jae-hyun mengungkapkan perasaannya kembali di antara mereka.   

’’Aku masih enggak percaya kamu di sini, Hyung,’’ kata P.O kepada Jae-hyun. Personel boyband Block B itu mewek lagi. ’’Memang sudah lama banget sih, sejak aku bersama kalian,’’ Jae-hyun menyahut.

Dengan back sound lagu Fix You dari Coldplay, bintang The Beauty Inside itu mengungkapkan bahwa dua tahun terakhir sangat berat baginya. ’’Aku enggak tahu harus ngapain selama dua tahun itu. Susah banget,’’ ucapnya. P.O memegang tangan Jae-hyun dan mengusapnya. Hanya dari scene yang tak lebih dari semenit itu, kita bisa merasakan persahabatan yang kuat di antara mereka. Tak sadar ikut mewek juga…

Spring Camp terdiri dari 10 episode. Durasinya pendek, hanya 30 menit. Dari preview episode keempat lalu, tampaknya akhir pekan ini tim YB bakal bereuni dengan tim OB. Bagaimana Ho-dong dkk melihat Jae-hyun? Duh, bakal mengandung bawang lagi pasti… (Retna Christa/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Korea
Drama To Watch Selama Mei

Korea
Beyond Evil Rebut Tiga Trofi di Baeksang Arts Awards ke-57

Korea
4 Drama Kim So-hyun Paling Seru