Sport

Palang Pintu Persebaya Bertekad Raih Poin di Dubai

Mainmain.id

Posted on May 17th 2021

EMPAT pemain Persebaya resmi menjadi bagian dari skuad timnas yang diberangkatkan ke Dubai, Uni Emirat Arab. Dua di antara mereka berposisi stopper. Yakni, Rachmat Irianto dan Rizky Ridho. Keduanya bertekad menjaga pertahanan timnas jika nanti dipercaya turun oleh Shin Tae-yong.

Sebagai debutan di tim senior, Rizky Ridho tak ingin mengecewakan pelatih timnas. Ia ingin menjawab kepercayaan Shin Tae-yong yang mengangkatnya dari timnas kelompok umur menjadi bagian di tim senior. Sebelumnya, Ridho adalah andalan Shin Tae-yong di lini pertahanan timnas U-19.

Pemain yang mengidolakan Bejo Sugiantoro tersebut juga sudah pernah merasakan pemusatan latihan timnas di luar negeri (Kroasia). Bersama Elkan Baggott, ia kerap dipercaya Shin Tae-Yong menjaga daerah penalti Garuda Jaya –julukan timnas U-19– dari gempuran lawan. Pengalaman tersebut memperlancar Ridho untuk urusan adaptasi.

"Alhamdulillah adaptasi lancar, semua di sini saling bantu untuk timnas. Jadi, saya juga tidak mau kalah ingin memberikan yang terbaik," ungkap pemain yang identik dengan nomor punggung 32 tersebut.

Ridho juga tidak ingin pengorbanannya untuk merayakan Idulfitri jauh dari keluarga terbuang sia-sia. Ia jauh-jauh datang ke Dubai untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara lewat sepak bola. "Terpilih ini adalah berkah Idulfitri buat saya. Jadi, meskipun tidak bisa bareng keluarga, saya harus bayar ini semua dengan memberikan yang terbaik selama di Dubai," tegas pemain jebolan El Faza tersebut.

Rachmat Irianto pun punya semangat yang sama. Bahkan, ia rela tidak merayakan Lebaran bersama sang istri yang sedang mengandung anak pertama mereka. Semua ia lakukan demi memperbaiki posisi Indonesia di ranking FIFA. Sesuai harapan coach Shin Tae-yong.

"Karena saya jauh, jadi saya nitip istri ke bapak dan ibu (Bejo Sugiantoro dan istri). Alhamdulillah, istri paham, apalagi kan ada ibu yang juga ngasih pengertian karena pengalamannya ditinggal ayah untuk keperluan timnas," papar pria yang akrab disapa Rian tersebut. Ia berharap pengorbanannya itu tak sia-sia di ajang uji coba maupun laga resmi di Dubai nanti. "Semoga perjuangan ini bisa membuahkan hasil poin di Dubai. Insya Allah," tandasnya.

Timnas Indonesia direncanakan berangkat ke Uni Emirat Arab hari ini (17/5). Tim tak hanya menjalani tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022, tapi juga dua laga uji coba internasional. Lawan-lawan yang dihadapi timnas Indonesia adalah Vietnam, UEA, dan Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022. Sedangkan, dua laga uji coba timnas Indonesia yang juga diikuti Rizky Ridho dan Rachmat Irianto adalah melawan Oman dan Afghanistan. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Artikel Terkait
Sport
Aji Santoso Yakin Semua Anak Asuhnya Tembus Skuad Utama Timnas

Sport
Lebaran Tak Pulang, Para Pemain Persebaya di Timnas Minta Restu Virtual

Sport
Curhat Pemain Persebaya Arif Satria Ketika Tak Dibawa ke TC Timnas di Dubai