Sport

Aji: Idulfitri Pintu ke Kompetisi Kehidupan

Mainmain.id

Posted on May 16th 2021

LEBARAN menjadi penanda berakhirnya bulan Ramadan. Tidak hanya dirayakan, Lebaran juga menjadi momen introspeksi bagi Aji Santoso. Menurutnya, yang menjadi ujian sebenarnya adalah justru 11 bulan selain Ramadan.

”Apakah bisa menjalankan 11 bulan ke depan dengan amalan-amalan seperti berpuasa kemarin? Selalu menjadi renungan saya, kalau berpuasa harus berdampak kepada 11 bulan ke depan,” ungkap Aji Santoso.

Pelatih Persebaya tersebut menganggap Idulfitri adalah momen untuk memantaskan diri setelah sebulan penuh digembleng dengan berbagai macam. Semua ujian dan tantangan tersebut kemudian menempa karakter seseorang untuk menjadi lebih baik sebagai modal mengarungi kehidupan selanjutnya yang lebih banyak tantangan.

Masa di luar bulan suci dianggap Aji Santoso sebagai layaknya kompetisi. Yakni, perjalanannya panjang dan membutuhkan konsistensi untuk tetap bisa bersaing menjadi yang terbaik.

”Saya mengibaratkan bulan puasa seperti di dalam sepak bola. Bahwa puasa adalah waktunya untuk melakukan pemusatan latihan untuk menghadapi kompetisi kehidupan,” ujar mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Ujian yang langsung dirasakan adalah dalam hal perayaan. Di tengah kondisi pandemi yang masih menyelimuti Indonesia, Aji Santoso memilih tetap "berpuasa" dalam urusan seremoni.

Sejatinya sosok yang pernah membawa Persebaya juara tersebut selalu punya tradisi khusus setiap Idulfitri. Aji selalu rutin berkumpul dengan keluarga besarnya dan menggelar acara makan-makan. Namun, Aji mengaku tradisi itu terpaksa dihilangkan.

"Karena pandemi, saya dan keluarga tidak berani ke mana-mana. Hanya berkumpul dengan keluarga dekat di rumah," kata pelatih yang memegang lisensi kepelatihan AFC A Pro tersebut.

Bukan hanya kali ini saja tradisi tersebut hilang. Tahun lalu momen masak dan makan bersama juga ditiadakan. Penyebabnya, apalagi kalau bukan merebaknya Covid-19.  (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Pelatih Persebaya Aji Santoso Pertanyakan Jadwal Kompetisi

Sport
Persebaya Usulkan Kompetisi Digelar di Jawa

Sport
Pemain Asing Bisa Gabung saat TC di Jogjakarta