Lifestyle

Tak Cuma Segar, Ini Loh 6 Manfaat Baik Semangka Buat Kesehatan

Dwiwa

Posted on May 15th 2021

Di cuaca yang panas seperti saat ini, semangka selalu menjadi salah satu pilihan buah yang banyak dicari orang. Selain rasanya yang manis, buah yang satu ini juga bisa memberikan rasa segar ketika masuk ke dalam mulut.

Tetapi tahu nggak sih selain karena buah ini lezat disantap saat matahari terik, ternyata juga ada segudang manfaat loh yang dimiliki. Semangka ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh, bahkan juga bisa membantu mencegah penyakit.

Dilansir dari Insider, berikut tujuh manfaat kesehatan yang didapat saat kalian mengonsumsi semangka.

1. Menjaga tetap terhidrasi

Semangka berukuran sedang mengandung sekitar 92 persen air. Menurut Elizabeth Beil, pendiri Elizabeth Beil Nutrition, semangka menjadi pilihan yang bagus untuk membuat kalian tetap terhidrasi. Jadi bukan hanya terasa manis, tetapi juga akan membantu mencukupi kebutuhan cairan. 

2. Mengandung vitamin esensial

Semangka mengandung banyak vitamin esensial yang dibutuhkan untuk tubuh. Mulai dari vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi dan menjaga sistem imun, vitamin B6 yang membantu mendukung sistem kekebalan dan kesehatan jantung, hingga magnesium yang baik untuk fungsi otot dan saraf.

Semangka juga mengandung mineral penting yang dikenal dengan elektrolit, salah satunya kalium. Elektrolit sangat penting untuk menjaga kita tetap terhidrasi, mengontraksikan otot, dan mengatur tingkat pH.

3. Membantu mengatur berat badan

Nah, bagi yang sedang diet, bisa nih memilih semangka sebagai salah satu camilan. Pasalnya secangkir semangka hanya mengandung 45 kalori sehingga membuatnya jadi camilan rendah kalori.

Beil mengatakan jika kandungan air yang tinggi pada semangka juga dapat mengenyangkan dan membantu kalian makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sebuah studi kecil pada 2019 yang meneliti efek konsumsi semangka pada rasa kenyang dan berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obsesitas yang mengunsumsi dua cangkir semangka setiap hari selama empat minggu dilaporkan merasa kurang lapar dan kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dari kelompk yang mengonsumsi kue rendah lemak dengan jumlah kalori sama. 

4. Dapat mencegah nyeri otot

Semangka mengandung L-citruline, asam amino yang dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Amy Shapiro, ahli gizi terdaftar dan pendiri Real Nutrition, Cara kerjanya adalah L-citruline melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otot lebih banyak yang dapat mengurangi rasa sakit dengan meningkatkan suplai oksigen selama latihan. 

5. Dapat menurunkan tekanan darah

Karena sitrulin membantu membuka dan mengendurkan pembuluh darah, ini dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah karena membantu jantung memompa darah ke otot dengan lebih efektif. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi kecil pada 2012, meski diperlukan lebih banyak studi untuk menarik kesimpulan yang pasti bagi populasi lebih luas.

6. Mengurangi risiko penyakit

Shapiro menjelaskan jika semangka mengandung antioksidan likopen yang dapat membantu menangkal penyakit seperti kanker atau penyakit jantung. Antioksidan ini juga terdapat pada buah dan sayuran merah lainnya termasuk tomat.

Beberapa studi telah menunjukkan likopen dapat membantu melindungi dari kanker tertentu seperti kanker prostat. Ini karena likopen tampaknya menurunkan insulin-like growth factor (IGF), protein yang terkait dengan kanker jika pada kadar tinggi. 

Nah, udah pada tahu kan sekarang kalau semangka tidak hanya sekedar bisa memuaskan rasa dahaga saat cuaca terik. Dengan harganya yang cukup terjangkau, ada sejumlah manfaat baik yang akan didapat ketika mengonsumsi buah ini.

Selain dimakan secara langsung, kalian juga bisa menambahkannya ke dalam salad buah. Bisa juga dengan membuatnya menjadi jus atau memotongnya dan memasukkan ke freezer agar menjadi es loli semangka.(*)

Artikel Terkait
Interest
Jalan Panjang Menemukan "Nenek Moyang" Semangka, Ternyata Asalnya Dari...

Interest
Suka Makan Nanas? Ini 9 Efek yang Mungkin Terjadi Pada Tubuhmu

Lifestyle
Seberapa Penting Sih Menurunkan Berat Badan untuk Kesehatan? Yuk Cari Tahu