Current Issues

Berniat Piknik Saat Libur Lebaran? Pastikan 4 Hal Ini Agar Aman

Dwiwa

Posted on May 15th 2021

Larangan mudik membuat banyak orang terjebak dalam situasi gabut, alias tidak ada kegiatan di libur lebaran kali ini. Kalau pun berkunjung ke rumah teman atau kerabat yang sama-sama tinggal di perantauan, tentu waktu yang dihabiskan tidak akan selama saat berada di kampung halaman.

Hal ini tentu membuat banyak orang memanfaatkannya dengan bepergian ke tempat wisata. Apalagi, meskipun terjadi penyekatan di berbagai perbatasan kota/kabupaten maupun provinsi, obyek wisata masih terbuka untuk warga lokal.

Nah, jika kalian juga berencana untuk melakukan piknik ke tempat wisata lokal di akhir pekan ini, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar risiko tertular Covid-19 bisa berkurang. 

1. Pastikan jika daerah masuk ke zona aman Covid-19

Meski pemerintah sudah membuat aturan jika tempat wisata di zona penularan Covid-19 tinggi atau zona merah dan oranye untuk ditutup, tidak ada salahnya jika sebelum berangkat kalian memastikan ulang seperti apa situasi Covid-19 di tempat kalian tinggal dan yang dituju.

Sebab, status zona ini bisa berubah setiap hari, tergantung dari banyaknya jumlah kasus yang ditemukan. Jika ternyata tempat kalian atau pun tempat tujuan wisata berada di zona merah atau oranye, sebaiknya rencana piknik ditunda dulu. 

2. Selalu terapkan protokol kesehatan

Meski tempat wisata berada di zona hijau atau kuning, saat ini tidak ada satu pun tempat yang aman dari Covid-19. Karena itu, protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak minimal 2 meter, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan tetap harus diterapkan secara ketat.

Dilansir dari JPNN, Ketua Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia Dr dr Eka Ginanjar SpPD-KKV, FINASIM, MARS menekankan jika pengelola dan pemeirntah lokal juga harus menjamin ventilasi, durasi, jarak, dan sirkulasi terjaga dengan baik. Karena itu, membatasi jumlah pengunjung sangat penting.

Sebab, meskipun pengunjung berasal dari zona hijau atau warga lokal, jika sampai terjadi kerumunan maka risiko penularan Covid-19 akan meningkat.

3. Bawa bekal makan sendiri

Salah satu cara untuk menghindari penularan Covid-19 adalah seminimal mungkin melakukan kontak dengan orang lain, ini bisa dilakukan dengan membawa bekal makan sendiri. Dengan begitu, kalian tidak perlu berkerumun di tempat makan untuk mengisi perut atau sekadar minum.

Kalian bisa memilih tempat terbuka untuk makan bersama keluarga dan menghindari kerumunan. Jika tidak ada tempat terbuka yang bebas dari kerumunan, kalian bisa menyantap bekal di kendaraan pribadi. Ini lah satu-satunya waktu kalian boleh membua masker, hanya saat sedang makan.

4. Pilih tempat yang relatif sepi dan menerapkan protokol kesehatan ketat

Kemudian tips terakhir adalah memilih tempat wisata yang relatif sepi dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tempat wisata yang relatif sepi akan membuat kita lebih mungkin bisa menjaga jarak dari orang lain dan menghindari kerumunan.

Selain itu, pastikan jika tempat wisata menerapkan protokol kesehatan ketat. Dengan begitu, kita akan mendapatkan lebih banyak perlindungan dari Covid-19 selama berwisata.

Meskipun beberapa tips di atas bisa membantu mengurangi risiko tertular Covid-19, tetapi di rumah aja tetap menjadi pilihan yang lebih baik. Lagi pula, ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, misalnya saja menonton film bersama keluarga. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum kalian memutuskan untuk menghabiskan libur lebaran dengan piknik atau di rumah aja.(*)

Related Articles
Current Issues
Nggak Bisa Mudik? Berikut 5 Cara Asyik Nikmati Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Interest
Biar Nggak Bosan, 5 Film Ini Bisa Ditonton Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Current Issues
Tips Aman Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19