Sport

Pilih Mayoritas Pemain Muda, Cara Shin Tae-yong Merestart Timnas

Mainmain.id

Posted on May 15th 2021

 

SHIN Tae-yong telah mengumumkan 28 pemain yang dibawa ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pemain muda mendominasi nama-nama skuad timnas dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut. Itulah cara pelatih asal Korea Selatan itu me-restart timnas.

Tercatat, hanya empat pemain senior yang diikutsertakan. Yakni, Ryuji Utomo, Evan Dimas, Adam Alis, dan K.H. Yudo. Lainnya diisi para pemain muda. Bahkan, beberapa nama masih layak bermain di timnas U-19. Sebut saja M. Adi Satrio, Rizki Ridho, Elkan Baggot, Pratama Arhan, Genta Alfaredo, Witan Sulaeman, Saddam Gaffar, dan Braif Fatari.

Kendati berisi skuad muda dan minim caps internasional, juru taktik asal Korea Selatan itu optimistis misi ke UEA bisa tercapai. Yakni, memperbaiki peringkat timnas Indonesia di FIFA. Saat ini Indonesia bertengger di posisi ke-173.  

Tambahan poin untuk mendongkrak posisi diharapkan mampu didulang dari dua laga uji coba kontra Oman dan Afghanistan. Juga, tiga pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Yakni, melawan Thailand, Vietnam, dan tuan rumah UEA. Semua pertandingan akan digelar di Dubai.

Bukan tanpa alasan Shin Tae-yong lebih suka membawa pemain muda. Selain sebagai proyeksi ke beberapa event internasional berikutnya, ia ingin punya pasukan yang punya kekuatan fisik jempolan. Kekuatan itu diharapkan mampu mengimbangi tim lawan yang lebih berpengalaman.

”Sebelumnya Liga Indonesia tidak bergulir selama lebih dari setahun,” ucap Shin. ”Karena itu, performa pemain menurun, otomatis fisik menurun juga. Jadi, saat TC saja kami bisa panggil pemain-pemain muda, baru bisa diubah mental atau pikiran dan fisik mereka lebih baik. Dengan (kemampuan) fisik kuat, kita bisa menghadapi lawan yang nanti bertemu di kualifikasi Piala Dunia," bebernya.

Alasan lain, Shin Tae-yong ingin menghapus memori buruk di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang sudah dijalani. Seperti diketahui, timnas Indonesia belum pernah menang sekali pun.

Di bawah asuhan Simon McMenemy saat itu, Evan Dimas dkk harus menelan kekalahan beruntun dari Vietnam, Thailand, Malaysia, dan UEA. Akibatnya, Indonesia terjebak di posisi juru kunci grup G dan dipastikan tidak lolos ke babak selanjutnya.

Ternyata, hal itu membuat mental sebagian pemain turun dan menghilangkan motivasi untuk bertanding. Menurunkan banyak pemain muda adalah restart. Minim pengalaman, tapi juga minim trauma kekalahan. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper

1. Nadio Argawinata

2. M. Adi Satrio

3. Aqil Savik

Belakang

4. Andy Setyo

5. Rachmat Irianto

6. Rizky Ridho

7. Ryuji Utomo

8. Nurhidayat Haji

9. Elkan Baggot

10. Firza Andik

11. Pratama Arhan

12. Rifad Marabessy

13. Asnawi Mangkualam

14. Koko Ari Araya

Tengah

15. Evan Dimas

16. Ady Setiawan

17. Kadek Agung

18. Syahrian Abimanyu

19. Genta Alfaredo

20. Witan Sulaiman

21. Adam Alis

22. Edy Maulana

23. Yakob Sayuri

24. Osvaldo Haay

Depan

25. Kushedya Yudo

26. M. Rafli

27. Saddam Emirudin

28. Braif Fatari

Related Articles
Sport
Aji Santoso Yakin Semua Anak Asuhnya Tembus Skuad Utama Timnas

Sport
Aji Santoso sang Penjaga Tradisi

Sport
Ada Rian di Sembilan Pemain ”Kesayangan” Shin Tae-yong