Current Issues

6 Tips Tetap Sehat Saat Rayakan Lebaran

Dwiwa

Posted on May 13th 2021

Halo kawan-kawan, bagaimana lebaran hari pertama kalian? Pasti sudah sangat banyak jenis makanan yang masuk ke mulut dan perut. Mulai dari opor ayam, ketupat, hingga berbagai camilan manis.

Apalagi, setelah sebulan penuh puasa menahan lapar dan haus, hari pertama lebaran rasanya menjadi surga yang tidak bisa dilewatkan. Apalagi jika kalian juga berkunjung ke rumah sanak saudara. Pasti lebih banyak makanan yang sayang jika tidak dicicipi.

Tetapi nih, jika tidak hati-hati hal ini justru bisa mengganggu kesenangan perayaan lebaran loh. Pasalnya, beberapa jenis makanan tertentu jika dikonsumsi berlebihan justru berpotensi membuat kita sakit.

Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa menikmati pesta makanan di hari lebaran namun tetap sehat? Dilansir dari The Hans India, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat selama Idul Fitri kali ini.

1. Jaga kadar gula

Selain opor dan makanan berat lain, perayaan lebaran juga selalu menghadirkan berbagai makanan manis. Mulai dari permen, biskuit, hingga coklat akan sering ditemui di meja ruang tamu. Padahal, makanan-makanan tersebut mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Selain meningkatkan kadar gula darah, makanan manis jika dikonsumsi dalam waktu lama juga dapat membuat kalian obesitas loh.

2. Hindari makanan berminyak

Selama sebulan berpuasa, tubuh telah menyesuaikan dengan kebiasaan baru. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak bisa merusak lapisan lambung dan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Jika kalian ingin makan sesuatu yang berminyak yang tampak enak, ambillah porsi kecil saja untuk sekadar memuaskan lidah.

3. Makan makanan yang seimbang

Makanan yang bagus untuk tubuh adalah jika mengandung campuran protein, karbohidrat, dan sayuran. Oleh karena itu, sebaiknya makanan harus mengandung buah-buahan, sayuran, roti, sereal, daging, ikan, susu, dan produk susu. Makanan seperti gandum, oat, kacang-kacangan, lentil, dll adalah sumber karbohidrat yang baik.

4. Makanan kecil

Setelah sebulan berpuasa, sistem pencernaan kita tidak lagi mendukung makan satu kali yang berat. Kita perlu memberi makan tubuh kita dengan porsi kecil, tetapi sering, dalam interval tertentu. Mengisi perut kita dengan banyak makanan akan memberi beban kerja yang berat pada sistem pencernaan.

5. Banyak air

Makanan yang memiliki lebih banyak kandungan air dicerna dengan cepat. Karenanya lebih sedikit pekerjaan untuk sistem pencernaan kita. Menjaga tubuh kita tetap terhidrasi akan memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh. Selama Ramadan yang dilaksanakan di musim kemarau, tubuh kita sudah kehilangan cukup banyak cairan. Karena itu, penting untuk menebus semua kekurangan tersebut.

6. Sertakan lebih banyak bahan mentah

Makanan rendah kalori seperti buah dan sayuran mentah sebaiknya dimakan terlebih dahulu. Ini sangat mudah dicerna dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu akan membuat sistem pencernaan siap untuk berfungsi dan memulai seluruh proses.

Jadi, kalau hari pertama lebaran kalian seperti orang kalap yang apa-apa disantap, mulai besok bisa nih untuk mencoba tips-tips di atas. Ingat yah, lebaran bukan buat ajang balas dendam kita menahan haus dan lapar selama Ramadan. Apalagi bagi yang memang punya rencana menurunkan berat badan. Itu hanya akan merusak usaha yang sudah kalian lakukan selama ini.(*)

 
Artikel Terkait
Current Issues
Nggak Bisa Mudik? Berikut 5 Cara Asyik Nikmati Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Current Issues
Masih Bingung Mau Kirim Apa? Nih 5 Ide Hampers untuk Teman atau Keluarga

Current Issues
Tak Bisa Mudik? 10 Ucapan Idul Fitri Ini Cocok untuk Dikirim ke Orang Tersayang