Tech

TikTok Rilis Duet Green Screen, Kita Bisa Muncul di Dalam Video yang Diduetin

Fitur baru yang menarik nih.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 13th 2021


Tangkapan layar TikTok @trashcaulin, @signstorm, @joshuacubed

Sering lihat duet TikTok yang videonya bersebelahan? Itu sih sudah biasa. TikTok kini merilis fitur baru bernama Green Screen Duet. Sesuai namanya, kita bisa pakai video yang kita duetin sebagai latar belakang, jadi kita muncul di dalam videonya!

Yup, fitur ini merupakan mashup dari fitur yang paling sering digunakan di platform tersebut yaitu Green Screen dan Duet. Green Screen sebelumnya cuma bisa pakai foto atau video yang kita unggah sendiri. Kalau duet, sebelumnya sudah ada beberapa format, tapi semuanya menampilkan dua video secara terpisah (di samping atau di sisi yang berbeda).


(Foto: TikTok)

Layout duet terbaru ini bakal muncul di pilihan duet-duet yang sudah ada sebelumnya. Green Screen Duet akan muncul dengan nama Green Screen di antara pilihan duet Left & Right dan React. Nantinya video yang diduetkan akan muncul sebagai latar belakang dan kita tinggal merekam diri sendiri menyesuakan latar tersebut.


Tangkapan layar TikTok @trashcaulin

Seperti duet pada umumnya, kreator yang videonya diduetin akan menerima notifikasi dan diberi kredit di bagian caption. Jadi pengguna yang melihat video hasil duet itu bisa tetap melihat video aslinya.

Green Screen Duet ini akan memudahkan para kreator yang sering membuat efek serupa dengan cara manual. Kalau ada fitur ini, bisa tuh unggah video background di akun lain, terus tinggal diduetkan deh.


Tangkapan layar TikTok @joshua_cubed

Bisa juga dimanfaatkan untuk membuat terjemahan bahasa isyarat untuk pengguna yang berkebutuhan khusus. Penerjemah bisa menerjemahkan konten dari video orisinal lalu muncul di dalam video tersebut untuk memudahkan penonton. Lihat contoh videonya di sini.


Tangkapan layar TikTok @signstorm

Fitur baru ini juga bakal bikin reaction video jauh lebih asyik. Biasanya kan video reaksi ditampilkan sendiri-sendiri tuh antara video yang dilihat dan peemberi reaksi. Sekarang pemberi reaksi bisa tampil di dalam video. Bisa lebih ekspresif deh dari pada Duet atau Stitch (klip dari video orisinal ditampilkan beberapa detik sebelum video yang baru dimulai).

Di luar itu, TikTok juga akan merilis fitur auto-caption agar setiap video bisa menampilkan subtitle. Tiruan TikTok milik Instagram, Reels, juga mengejar ketertinggalan dengan merilis fitur serupa Duet dengan nama Remix.(*)

Related Articles
Tech
TikTok Uji Coba Fitur Q&A, Tempat Kreator Jawab Pertanyaan dalam Teks atau Video

Tech
TikTok Bakal Buat Stasiun Radio Musik, Kolaborasi Bareng SiriusXM dan Pandora

Tech
TikTok Siapkan Fitur Moderator dan Filter Komentar saat Live demi Cegah Bullying