Current Issues

Nggak Bisa Mudik? Berikut 5 Cara Asyik Nikmati Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Dwiwa

Posted on May 12th 2021

 

Perayaan lebaran Idul Fitri tahun ini kembali dijalani di tengah pandemi Covid-19. Larangan mudik masih diberlakukan, bahkan sejak jauh-jauh hari. Silaturahmi secara fisik pun tidak dianjurkan guna mencegah semakin meluasnya penyebaran virus SARS-Cov-2, penyebab Covid-19.

Orang-orang lebih dianjurkan untuk menghabiskan waktu libur lebaran di rumah bersama dengan keluarga inti. Tetapi meski hanya di rumah, tidak berarti jika libur lebaran kali ini harus dilewatkan dengan membosankan loh.

Ada banyak cara seru yang bisa kalian lakukan untuk merayakan hari kemenangan ini. Kabar baiknya lagi, itu menyenangkan dan bisa dilakukan secara aman tanpa melanggar protokol kesehatan ataupun membahayakan diri sendiri.

Lalu, apa saja kira-kira kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi libur lebaran di tengah pandemi Covid-19?

 

Memasak

Selain identik dengan silaturahmi, Idul Fitri juga kerap dikaitkan dengan pesta makanan. Pasalnya, di Hari Kemenangan ini biasanya orang-orang akan berkumpul untuk kemudian makan bersama-sama.

Nah, meskipun kali ini kumpul-kumpul tidak bisa dilakukan, menikmati hidangan lezat tentu tidak boleh dilewatkan. Kalian bisa melakukan aktivitas memasak bersama keluarga di rumah untuk menghabiskan waktu menyenangkan selama Idul Fitri.

Libatkan semua orang yang ada di rumah, termasuk para lelaki. Jika ingin lebih seru, kalian bisa menantang para lelaki di rumah untuk menjadi tukang masak dan para wanita menjadi juri.

Masakan yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera. Mau makanan berat khas lebaran seperti ketupat hingga opor ayam atau sekadar cemilan ringan untuk dikunyah saat menonton TV bersama bisa jadi pilihan.

 

Mendekorasi rumah

Meski mungkin tamu yang datang ke rumah tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi Covid-19, menghias rumah untuk menyambut Idul Fitri tetap menjadi salah satu aktivitas keluarga yang menyenangkan. Apalagi, momen lebaran juga selalu menjadi waktu yang tepat untuk bersih-bersih rumah secara keseluruhan.

Setelah membersihkan rumah, kalian bisa memasang berbagai pernak-pernik khas lebaran seperti ketupat dan lentera di sekitar rumah. Memasang walpaper dan menata tanaman hias yang ada di teras juga akan membuat tampilan rumah jadi lebih segar saat Idul Fitri.

 

Nonton film

Semenjak pandemi Covid-19, menonton film melalui platform streaming telah menjadi sangat populer. Begitu juga di musim libur lebaran kali ini. Kalian bisa memilih jenis film yang layak untuk ditonton seluruh keluarga.

Ada banyak sekali pilihan platform streaming untuk menonton. Jika ingin berhemat, biasanya televisi nasional juga menayangkan film-film yang bisa ditonton oleh semua keluarga. Agar semakin akrab, kalian bisa menonton sambil mencicipi makanan yang sudah dimasak sebelumnya.

 

Piknik

Siapa bilang piknik harus pergi ke tempat yang jauh. Bagi kalian yang rumahnya masih memiliki halaman, piknik juga bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah loh. Cukup memindahkan tikar dan camilan ke halaman, dan kalian bisa menikmati piknik keluarga menyenangkan tanpa melanggar protokol kesehatan.

Jangan lupa, selama piknik tinggalkan sejenak semua gadget dan segala macam gawai. Nikmati waktu bersama keluarga dengan cara berbeda. Meski tidak jauh, tetapi mengobrol santai bersama keluarga di halaman rumah akan memberikan suasana baru.

 

Silaturahmi virtual

Meski tahun ini tidak bisa berkunjung ke sanak saudara yang tinggal di kota lain, tidak berarti silaturahmi harus terputus loh. Kalian bisa mengadakan silaturahmi virtual. Hubungi sanak keluarga yang tinggal berjauhan dan buat janji untuk melakukan panggilan bersama pada jam tertentu.

Ada banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan, mulai dari WhatsApp, Zoom, hingga Google Meet. Agar suasana lebih meriah, kalian juga bisa menambahkan beberapa permainan, seperti unjuk bakat berhadiah, selama kumpul-kumpul virtual ini berlangsung.

Nah, itu tadi sejumlah tips yang bisa kalian lakukan agar libur lebaran tahun ini bisa tetap menyenangkan meski di tengah pandemi Covid-19. Jadi, ingat ya, jangan mudik dan tetap di rumah aja agar penyebaran Covid-19 tidak semakin luas.(*)

Related Articles
Interest
Biar Nggak Bosan, 5 Film Ini Bisa Ditonton Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Current Issues
Berniat Piknik Saat Libur Lebaran? Pastikan 4 Hal Ini Agar Aman

Current Issues
Tips Aman Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19