Sport

Lebaran Tak Pulang, Para Pemain Persebaya di Timnas Minta Restu Virtual

Rizky Ridho-Koko Ari Minta Didoakan Tembus Skuad Utama Timnas Senior

Mainmain.id

Posted on May 12th 2021

Rizky Ridho dan Koko Ari Arya tak bisa merayakan lebaran bersama keluarganya di Surabaya. Keduanya menjalani lebaran di ibu kota. Bersama semua skuad timnas yang tengah menjalani pemusatan latihan. Sebetulnya pelatih Shin Tae-yong memberikan hari libur pada pemain saat lebaran,  13-14 Mei. Hanya saja, pemain tidak diperbolehkan kemana-mana, termasuk mudik.

Aktivitas pemain hanya dibatasi di hotel. “Lebaran kali ini pemain akan tetap di Jakarta. Tapi pada 13 dan 14  Mei libur latihan,” terang Nova Arianto, asisten pelatih timnas. 

Ridho menerima keputusan tersebut dengan lapang dada. Kendati sebetulnya ia ingin sekali merayakan lebaran tahun ini bersama keluarga besarnya. Keinginan tersebut sempat tercuat saat namanya tidak tercantum dalam 34 pemain yang dipanggil coach Shin pada 1 Mei lalu. Namun, tiga hari kemudian nama Ridho dipanggil bersama Ady Setiawan.

“Waktu awalnya tidak dipanggil memang sempat berpikir bikin acara apa bareng keluarga. Tapi sudah saya lupakan setelah dapat panggilan ini,” jelasnya.

Tak bisa berlebaran di Surabaya, tidak membuatnya sedih. Ia tetap akan memanfaatkan momen lebaran untuk meminta doa restu kedua orang tuanya. Walau hanya bisa dilakukan lewat video call. Minta doa restu agar bisa tembus skuad senior. “Minta doa restu saja. Biar bisa tembus skuad utama (senior),” ujarnya.  

Pemanggilan mengikuti TC Timnas senior menjadi pengalaman baru bagi Ridho. Pemain berposisi stopper ini lebih sering dipanggil ke Timnas kelompok umur. Ia menjadi andalan lini belakang timnas U-19 yang awalnya dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U-20.

Ridho mengakui ada atmosfer berbeda antara menjalani TC bersama Timnas senior dan U-19. Meski baru pertama kali merasakan TC bersama timnas senior, tapi itu tak membuat Ridho merasa minder. Pemain berusia 19 tahun ini bahkan menargetkan bisa menembus skuad utama Shin Tae-yong.

“TC ini pasti berbeda dengan sebelumnya. Kualitas dan pengalamannya lebih bagus di TC senior. Semoga saya bisa menampilkan yang terbaik saat diberi kesempatan,” ujar Ridho. “Bagi saya yang terpenting maksimal di saat latihan dan pertandingan. Saya malah juga ingin ambil pengalaman dari pemain-pemain senior, khususnya yang ada di posisi saya,” jelasnya.

Untuk mendapatkan satu slot tim utama, Ridho harus bersaing dengan dua seniornya di Persebaya, Arif Satria dan Rachmat Irianto. Partner saat di Persebaya ini, harus saling bersaing untuk bisa memikat Shin Tae-yong. “Harapan saya sih semoga kami semua dari Persebaya bisa masuk (tim utama),” ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan Koko. Lebaran kali ini merupakan kali pertama ia tak bisa kumpul bersama keluarganya. "Saya pikir lagi tak masalah. Toh di sini juga ada keluarga yang dipertemukan lewat sepak bola. Ada tim pelatih. Ada teman-teman juga, ya intinya Lebarannya tidak sendirian lah," ungkapnya. Sama halnya dengan Rizky Ridho, Koko pas lebaran juga akan melakuakn panggilan video bersama keluarganya. Ia bakal meminta maaf sekaligus mohon restu orang tua agar bisa masuk skuad utama Timnas yang akan dibawa ke lanjutan TC di Dubai, UEA.

Shin Tae-yong memang hanya akan membawa 23 pemain untuk jalani TC lanjutan di Dubai UEA pada 17  Mei. Dari jumlah itu, lima slot sudah diambil pemain yang merumput di luar negeri. Kini hanya tersisa 17 slot bagi pemain yang jalani TC di Jakarta. Selama di Dubai, Timnas senior terlebih dulu melakoni dua pertandingan uji coba, melawan Afghanistan dan Oman. Selanjutnya Indonesia melakoni tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia akan menghadapi Thailand, Vietnam, dan tuan rumah UEA. (Gunawan Sutanto)

Artikel Terkait
Sport
Aji Santoso Yakin Semua Anak Asuhnya Tembus Skuad Utama Timnas

Sport
Aji Santoso sang Penjaga Tradisi

Sport
Pilih Mayoritas Pemain Muda, Cara Shin Tae-yong Merestart Timnas