Sport

Aji Santoso Yakin Semua Anak Asuhnya Tembus Skuad Utama Timnas

Mainmain.id

Posted on May 12th 2021

Pelatih Persebaya, Aji Santoso optimistis anak asuhnya di Persebaya bakal mampu menembus skuad utama tim nasional. Seperti diketahui, dalam skuad Timnas yang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta saat ini ada lima pemain Persebaya. Mereka adalah Rachmat Irianto, Arif Satria, Koko Ari Araya, Rizky Ridho, dan Ady Setiawan.

Khusus untuk Ady Setiawan, ia datang sebagai debutan. Pemain asal Bima ini belum sekalipun merasakan pemanggilan Timnas. Di kelompok umur sekalipun. “Tapi saya yakin mereka mampu bersaing. Kualitas dan kemampuannya tidak diragukan,” terang Aji.

PSSI memang akan memeras jumlah pemain yang jalani TC. Dari 37 pemain yang ada, nantinya hanya 23 nama yang akan dibawa untuk jalani TC lanjutan di Dubai UEA. Para pemain ini yang akan disiapkan menjalani uji coba lawan Oman dan Afghanistan. Dan, selanjutnya mereka menjalani tiga pertandingan sisa untuk kualifikasi Piala Dunia 2022. Yakni melawan Thailand, Vietnam, dan tuan rumah UEA.

Sejauh ini sudah ada lima nama yang dijamin masuk skuad utama. Mereka adalah para pemain yang berkarir di luar negeri. Yaitu Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Ryuji Utomo. Artinya, dari 32 pemain yang di Jakarta sekarang ini, hanya akan dibawa 17 nama untuk mengisi slot tersisa.

Aji Santoso paham benar kemampuan kelima pemainnya. Memang, persaingan di Timnas akan sangat ketat. Tapi sejak awal ia sudah mengingatkan pada kelima pemain tersebut. Menurutnya Aji, pemanggilan ini bukan untuk gagah-gagahan. Tetapi menjadi warning untuk bekerja lebih keras.

“Saya sudah katakan saat mereka pamit berangkat ke Timnas. Saya bilang artinya kerja keras. Jangan  terpuaskan dengan label timnas. Kerja keras bagaimana? Kerja keras berlipat-lipat dibanding saat di Persebaya. Keluarkan semua kemampuan terbaik untuk memikat pelatih,” tandasnya.

Kata Aji, mereka yang dipanggil menjalani TC ini adalah pemain terbaik di masing-masing posisi. Kendati begitu, untuk bisa memikat pelatih, ada banyak faktor lain yang harus disiapkan. Di luar skill dan kemampuan, juga perlu menunjukkan mental dan attitude. Termasuk kemauan untuk kerja keras selama latihan. Dan, satu lagi yakni cedera. “Saya rasa semua hal itu dimiliki kelima pemain Persebaya yang dipanggil TC. Tinggal semoga saja mereka tidak cedera,” ujarnya.

Khusus Ady Setiawan, Aji yakin sang pemain mampu bersaing. Kendati datang sebagai debutan dan nol pengalaman di Timnas. “Anak itu mentalnya sudah teruji. Apalagi ia pemain Bima pertama yang dipanggil Timnas. Pasti ia punya motivasi berlebih. Lagian di sana ada Rian dkk yang juga rekan satu tim. Itu akan membantunya beradaptasi,” ungkap Aji.(Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Aji Santoso sang Penjaga Tradisi

Sport
Lebaran Tak Pulang, Para Pemain Persebaya di Timnas Minta Restu Virtual

Sport
Pilih Mayoritas Pemain Muda, Cara Shin Tae-yong Merestart Timnas