Hobi

Doyan Anime? 6 Anime Shonen Ini Wajib Kamu Tonton Saat Libur Lebaran

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 11th 2021

Liburan lebaran biasanya meningkatkan kebutuhan semua orang akan asupan tontonan yang bagus. Penggemar anime mungkin merasa bosan dengan menonton anime yang itu-itu saja di Netflix dan saluran TV kabel. Jika benar demikian, maka mungkin sudah waktunya kembali memperkaya jenis tontonan dengan mengeksplorasi genre shonen.

Genre shonen adalah genre manga dan anime yang diperuntukkan untuk konsumen muda, terutama laki-laki. Meski tidak selalu melibatkan unsur fantasi, namun plot pada manga dan anime shonen biasanya bercerita tentang karakter utama laki-laki yang memiliki tujuan dan impian yang tinggi, sehingga ia harus berhadapan dengan lawan-lawan tangguh dan harus mengembangkan kemampuan atau bakatnya agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Anime shonen biasanya menyajikan adegan pertarungan yang spektakuler dan aturan pertarungan yang unik. Genre shonen mungkin merupakan genre paling populer dan mendominasi dalam industri manga dan anime, sehingga manga dan anime dengan genre ini biasanya cukup populer di antara semua orang.

Mainmain.id kali ini merangkum 6 anime bergenre shonen yang wajib kamu tonton!

1. Hunter X Hunter

Dibuat oleh mangaka "Raja Hiatus" Yoshihiro Togashi, manga Hunter x Hunter diminati banyak orang dan beberapa kali diadaptasi menjadi OVA dan serial anime. Anime ini bercerita tentang Gon Freecs, seorang bocah 13 tahun yang melakukan perjalanan untuk menjadi Hunter, -profesi yang dihormati di dunianya. Selain itu ia juga melakukan perjalanan untuk mencari sosok sang ayah, Ging Freecs yang merupakan hunter profesional.

Dalam perjalanannya, Gon bertemu banyak teman dan lawan, mengasah kekuatannya, berurusan dengan kelompok kriminal internasional, serta bepergian ke banyak tempat dalam usahanya menemukan sang ayah. Meski manganya masih hiatus sampai sekarang, cerita Hunter x Hunter cukup everlasting dan masih sangat dinantikan oleh para penggemarnya, terutama karena world building-nya yang unik, rumit dan tidak terduga.

 

2. Sword Art Online (SAO)

Termasuk salah satu anime bernuansa isekai pertama yang pernah populer, SOA bercerita tentang Kazuto "Kirito" Kirigaya, seorang siswa SMA yang mencoba memainkan Sword Art Online. Sword Art Online adalah sebuah permainan online multiplayer yang dimainkan dengan memanfaatkan teknologi virtual reality.

Tubuh para pemain SAO akan tidak sadarkan diri selama memainkan game tersebut. Sementara pikiran mereka akan berada di dunia virtual di mana mereka memainkan game tersebut sebagai petarung, berhadapan dengan berbagai monster, dan melakukan petualangan.

Namun di tengah permainan, para pemain akhirnya menyadari jika mereka menjadi kelinci percobaan bagi pengembang game tersebut. Mereka tidak dapat meninggalkan game tersebut secara paksa, dan kematian mereka di dalam game tersebut benar-benar akan membunuh mereka. Satu-satunya cara untuk keluar dari dalam dunia virtual SAO adalah dengan memenangkan game tersebut.

 

3. Attack On Titan

Attack on Titan (AoT) saat ini masih menjadi salah satu anime yang kelanjutan season-nya sangat dinantikan oleh para fans, meski manganya sendiri baru saja tamat pada April lalu.

AoT bercerita tentang sebuah dunia fiksi dimana manusia hidup dalam bayang-bayang ketakutan akan titan, makhluk raksasa pemakan manusia yang menghuni dunia di luar tembok negeri mereka. Manusia dengan segala teknologi dan persenjataan mereka berusaha mengembangkan cara untuk membasmi titan, sekaligus menemukan rahasia gelap yang tersembunyi di balik tembok raksasa yang dibangun nenek moyang mereka 2.000 tahun yang lalu.

Eren Yeager, tokoh utama cerita ini bergabung dengan tim militer untuk membalaskan dendam ibunya yang tewas dimakan oleh titan. Namun tanpa disangka, Eren ternyata bukan hanya memegang kunci rahasia awal-mula kemunculan titan, tetapi juga awal mula peradaban manusia yang dibangun dengan kekuatan titan di masa lalu.

 

4. My Hero Academia

Dalam dunia dimana manusia pada umumnya terlahir dengan quirk, kekuatan super yang menempel pada tubuhnya, pertarungan antara pahlawan super dan penjahat super adalah hal yang biasa. Izuku Midoriya, seorang anak manusia tanpa quirk bercita-cita menjadi superhero terbaik, namun ia sendiri harus berhadapan dengn perundungan yang dilakukan teman-teman SMP-nya.

Hingga pada suatu hari All Might, pahlawan super nomor 1 di Jepang menyelamatkan Midoriya dari ancaman penjahat super, lalu mewariskan quirk-nya, One for All kepada Midoriya. Midoriya diangggap sosok yang pantas mendapatkan warisan itu. Dengan quirk barunya, Midoriya kemudian mendaftar ujian seleksi U.A, sekolah calon pahlawan super terbaik di seluruh Jepang demi mengejar cita-citanya. Anime ini cocok untuk para penggemar superhero Marvel dan DC karena keunikan cerita dan world-building-nya yang mirip.

 

5. Tokyo Ghoul

Meski tergolong shonen, Tokyo Ghoul menghadirkan banyak adegan dan alur cerita yang gory. Anime ini bercerita tentang dunia manusia yang dihuni oleh ghoul, makhluk berkekuatan super berwujud mirip manusia yang hidup dengan memakan manusia.

Ken Kaneki, seorang manusia biasa yang diserang oleh ghoul terpaksa dirawat di rumah sakit karena kerusakan ginjal yang dialaminya. Namun saat siuman, Kaneki menyadari jika dia telah bertransformasi menjadi manusia separuh ghoul. Sehingga ia harus memilih antara menerima takdir barunya sebagai ghoul dan menjadi pemakan manusia, atau berusaha mempertahankan sisi manusianya sambil menahan kelaparan.

Krisis eksistensial yang dialami Kaneki mengantarkannya pada dunia bawah tanah Tokyo yang ternyata digerakkan dan dikuasai oleh para ghoul. Kemunculan Kaneki di komunitas ghoul kerap dikaitkan dengan mitos kelahiran makhluk setengah manusia-setengah ghoul yang konon adalah raja bagi para ghoul di masa lampau. Siapa sosok itu, dan apa hubungannya dengan Kaneki? 

 

6. One Piece

One Piece adalah satu-satunya manga yang pernah menduduki Top 3 di masa lalu, bersama Naruto dan Bleach. Bedanya manga ini tetap ongoing sampai kini. Pengarangnya, Eiichiro Oda menyatakan jika dia bertekad menamatkan cerita panjang One Piece dalam empat tahun dari sekarang.

One Piece bercerita tentang dunia bajak laut. Monkey D. Luffy, karakter utama cerita ini adalah laki-laki yang bercita-cita menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece, harta karun peninggalan Sang Raja Bajak Laut, Gol D. Roger.

Saat masih kecil, Luffy tanpa sengaja memakan buah iblis Gomu-Gomu yang menjadikannya manusia karet. Kekuatan manusia karet inilah yang digunakannya untuk menghadapi lawan-lawan jahat yang menghalangi jalannya menuju cita-citanya.

Meski jumlah episodenya sangat banyak, namun serial One Piece layak ditonton karena ceritanya yang kaya adegan emosional dan adegan pertarungannya yang menegangkan.

Related Articles
Hobi
Isayama Hajime Tuntaskan Shingeki no Kyojin Chapter 130

Hobi
Berdasarkan Survei, Ini Deretan Manga yang Endingnya Paling Dinantikan Orang

Hobi
MAPPA Studio Rilis Teaser Attack on Titan Season 4