Entertainment

Mungkinkah Jalan Cerita Film Kedua Venom dan Spider-Man MCU Berhubungan?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 11th 2021

Video trailer dari film sekuel Venom, yaitu The Venom: Let There Be Carnage, baru dirilis beberapa waktu lalu. Film yang telah lama dinantikan para fans ini akan menjadi debut kemunculan bagi Carnage, alien parasit symbiote yang merupakan musuh bebuyutan dari venom. 

Namun ada satu pertanyaan lain yang jawabannya ingin dicari para fans dari trailer tersebut: apakah sekuel film Venom akan berhubungan dengan Marvel Cinematic Universe (MCU)?

Dalam video trailer The Venom: Let There Be Carnage, seorang detektif kepolisian bernama Mulligan (Stephen Graham) tampak sedang membaca koran yang jelas-jelas merupakan easter egg dari cerita Spider-Man: Daily Bugle.

Harian Daily Bugle adalah koran New York milik J. Jonah Jameson sekaligus tempat Spider-Man bekerja sebagai jurnalis foto freelance. Dari sini tentu saja fans mulai berspekulasi dengan liar.

Tapi sayangnya, isu persinggungan cerita Venom dan MCU ditampik oleh Andy Serkis, sutradara film tersebut. Dilansir dari IGN, Serkis mengonfirmasi jika semesta cerita Venom versinya tidak berhubungan dengan MCU.

"Kami membangun dunianya (Venom) tersendiri. Cerita Venom dalam dunianya sendiri," ujar Serkis. Dalam hal ini, ia mengatakan jika, meskipun ada koran Daily Bugle dan mungkin saja ada karakter bernama Peter Parker, Venom sendiri tidak akan mengenalnya.

Jika easter egg koran Daily Bugle tersebut ditarik ke cerita Spider-Man versi MCU, maka sebenarnya sudah terjadi perbedaan yang mendasar. Dalam cerita Spider-Man: Far from Home, Daily Bugle disebutkan sebagai situs berita kontroversial yang kerap menyajikan berita-berita seputar konspirasi dengan domain .net. Situs ini sendiri dikelola oleh Jameson versi MCU yang diperankan oleh J.K. Simmons.

Di film kedua Spider-Man versi MCU tersebut, Jameson turut ambil peran dalam menyebarkan hoax seputar Spider-Man, yang pada akhirnya mengungkap identitas Peter Parker sebagai Spider-Man. 

Klarifikasi Serkis tentu saja mengakhiri harapan para fans yang ingin melihat Venom Tom Hardy tampil satu layar dengan Spider-Man Tom Holland. Tapi bagaimana dengan film Morbius yang juga digarap oleh Sony?

Morbius merupakan salah satu penjahat super yang menjadi musuh Spider-Man. Sosok vampir yang nantinya akan diperankan oleh Jared Leto ini, dalam trailer-nya, tampak berjalan melewati poster bergambarkan wajah Spider-Man yang dicoret dengan tulisan murderer (pembunuh).

"Yah, kita lihat saja nanti. Kita lihat saja apa yang nanti akan kalian dapatkan," komentar Serkis, membuat fans terus penasaran dengan masa depan para penjahat Spider-Man dan hubungan langsung mereka dengan jalan cerita MCU.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
MCU akan Rilis Dokumenter Behind the Scene WandaVision

Entertainment
Spider-Man 3 akan Munculkan Aktor-aktor dari Film Sebelumnya

Entertainment
Penayangan Film Box Office Kemungkinan akan Kembali Ditunda Karena Pandemi